Minim Katalis, Rupiah Diprediksi Melemah Pada Perdagangan Hari Ini (1/10)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah diproyeksikan terus melemah sepanjang perdagangan hari ini (1/10). hal tersebut menyusul minimnya katalis positif bagi pergerakan rupiah.

Selasa (1/10), rupiah spot dibuka di level Rp 15.188 per dolar Amerika Serikat (AS), melemah 0,32% dari penutupan hari sebelumnya. Sampai dengan pukul 10.03 WIB, rupiah terpantau terus melemah ke level ke Rp 15.206 per dolar AS.

Ekonom Bank Danamon Hosiana Evalia Situmorang mengatakan, melemahnya rupiah terhadap dolar AS kecenderungannya akibat aksi profit taking. Selain itu terjadinya outflow dana asing dari pasar keuangan dalam negeri.


Ia memperkirakan pelemahan masih akan berlanjut sepanjang hari ini. Menurutnya, hal itu sejalan dengan tensi geopolitik yg memanas dan minimnya katalis positif.

Baca Juga: Rupiah Spot Dibuka Melemah ke Rp 15.188 Per Dolar AS Pada Hari Ini (1/10)

"Terlebih rilis kinerja PMI Manufacturing China yang kontraksi, sehingga turut memicu prospek perekonomian masih ada potensi stagnan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (30/9).

Oleh sebab itu, Hosiana memproyeksikan rupiah masih akan melemah. Adapun rupiah diperkirakan bergerak di rentang Rp 15.100-15.200 per dolar AS pada hari ini.

Selanjutnya: AAUI Optimistis Industri Asuransi Umum Tetap Tumbuh Meski Ada Pemerintahan Baru

Menarik Dibaca: Turun Harga, Cek Harga BBM Terbaru Oktober 2024 di SPBU Pertamina juga Shell dan BP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari