Minyak Rebound, IHSG Terdongkrak Pamor Saham Komoditas



JAKARTA. Sepertinya, sentimen bursa global masih mewarnai pergerakan indeks saham Asia hari ini. Tidak terkecuali Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Sesaat setelah dibuka, indeks sempat bertengger di zona merah. Namun, pada pukul 10.00 tadi, indeks sukses mendarat di zona hijau dengan kenaikan sebesar 0,13%. Itu artinya, dalam kurun waktu setengah jam, indeks berhasil bertambah 1,762 poin menjadi 1.404,423.

Pagi ini, IHSG terdongkrak oleh naiknya pamor sejumlah perusahaan komoditas dan pertambangan. Hal ini tidak mengherankan, sebab, harga minyak dunia pagi ini mengalami rebound dan bertengger di atas level US$ 42 per barel.

Beberapa emiten pertambangan yang harga sahamnya naik pagi ini antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, PT PP London Sumatra Indonesia Tbk dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk.


Kenaikan juga dialami oleh sejumlah indeks acuan di bursa regional lainnya. Sebut saja Hang Seng yang naik 0,61% menjadi 14.503,51 dan Strait Times yang naik 0,60% menjadi 1.838,54. Hanya Nikkei saja yang masih ngendon di zona merah dengan penurunan 0,94%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie