KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten ritel, PT Mitra Adiperkasa Tbk (
MAPI) menyiapkan anggaran belanja modal alias
capital expenditure (capex) sebesar Rp 2 triliun untuk 2024. Wakil Presiden Direktur Mitra Adiperkasa Virendra Prakash Sharma menyampaikan sebenarnya capex tahun ini tidak jauh berbeda dari 2023. “Sejauh ini, kami sudah mengeluarkan dana sekitar Rp 110 miliar pada kuartal pertama 2024 ini,” jelasnya dalam paparan publik, Kamis (27/6).
Namun Sharma bilang mungkin anggaran Rp 2 triliun itu tidak akan dipakai sepenuhnya oleh MAPI. Ini karena jumlah toko yang bakal dibuka Grup MAP akan lebih sedikit.
Baca Juga: Mitra Adiperkasa (MAPI) Bagikan Dividen Rp 132 Miliar dari Laba Bersih 2023 “Jumlah toko yang kami bukan lebih sedikit dari anggaran kami, terutama untuk bisnis food & beverage (F&B) yang kinerjanya belum terlalu baik,” kata dia. Pada kuartal I-2024, Grup MAP telah mencapai 2.911 gerai di seluruh Indonesia. Pada periode yang sama, emiten ritel berlogo merah ini juga memiliki 30 gerai daring. MAPI memiliki 179 gerai dan 5 gerai daring di Filipina. Kemudian di Vietnam ada 53 gerai fisik dan 5 gerai daring. Di Negeri Gajah, MAPI punya 42 gerai dan dua gerai daring. Di Malaysia, Grup MAP punya 50 gerai fisik dan tiga gerai online. Kemudian di Singapura ada 31 gerai fisik dan tiga gerai daring milik MAPI. Terakhir di Kamboja ada 11 gerai fisik dan dua gerai daring. Sharma bilang tahun ini, ada beberapa strategi bisnis yang bakal dilakukan MAPI.
Pertama, melakukan integrasi opsi pengalaman ritel dengan mengembangkan multi-channel.
Kedua mempercepat regional branded commerce.
Ketiga, terus melaksanakan perubahan digital dan teknologi. Hingga ini, Grup MAP mempunyai 50 kanal daring. “
Keempat melakukan akuisisi atau kemitraan strategis. Pada tahun ini, kami menjalin kemitraan dengan Sport Direct, Flying Tiger dan membuat joint venture untuk BOSS,” kata Sharma. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari