Mitra Adiperkasa perkuat segmen non-F&B



JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk terus memperkuat segmen bisnis di segmen non-food and beverage (F&B). Emiten berkode MAPI itu menargetkan pertumbuhan pendapatan tahun ini sebesar 13%, seiring ekspansi penambahan 200 gerai anyar.

Per 30 Juni 2017, kontribusi penjualan non-F&B yang terdiri dari department store, specialty store dan lainnya sebesar 87%. Sedangkan kontribusi laba operasi non- F&B sebesar 85%.

Fetty Kwartati, Sekretaris Perusahaan MAPI, menyebutkan, selama ini kontribusi segmen non-F&B memang jauh lebih besar bagi bisnis perusahaan ini. Maka, dari target membuka 200 gerai baru, mayoritas akan fokus ke produk-produk di luar makanan dan minuman.


Meski begitu, dalam waktu dekat ini, Mitra Adiperkasa masih akan fokus pada brand-brand yang sudah ada, ketimbang merilis merek anyar. "Pengembangan non-F&B tahun ini adalah di bidang sport dan fashion" katanya kepada KONTAN, Kamis (3/8).

Menurut Fetty, penambahan toko untuk produk di luar makanan dan minuman mencapai 130 gerai. Di produk olahraga, MAPI bakal memperbanyak jumlah toko dengan konsep multiformat yang lebih beragam. Caranya, memperbanyak gerai Sport Station, Payless Shoes dan Kidzstation.

Adapun di segmen fesyen, perusahaan ini akan menambah gerai-gerai dengan brand Inditex, seperti Zara, Pull & Bear; Berskha dan lainnya. "Khusus brand Inditex, ada juga yang akan dibuka di luar negeri," sebut Fetty.

MAPI juga tetap mengembangkan pasar F&B dengan menambah 60 gerai baru. Antara lain Starbucks, Pizza Express, Krispy Kreme dan Coldstone Creamery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini