KONTAN.CO.ID - Mitra Bukalapak, pemimpin pasar online-to-offline (o2o) Indonesia, menggelar acara kumpul virtual untuk para anggota Juwara, sebuah komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia. Di acara yang berjudul Spesial Kumpul Akhir Tahun (SPEKTA) Juwara dan diminati oleh ribuan peserta ini, para peserta bersama-sama melihat rangkuman kegiatan dan pencapaian komunitas Juwara sepanjang tahun 2022 serta mengikuti edukasi seputar strategi pengelolaan keuangan yang efektif demi kelangsungan dan pengembangan bisnis. “Umumnya akhir tahun adalah momen untuk kita refleksi dan mengumpulkan semangat untuk jadi lebih baik di tahun depan. Karena itu, kami memanfaatkan momen ini untuk mengajak para Juwara meningkatkan ilmu berbisnis mereka agar warungnya bisa terus berkembang, seperti tagline Mitra Bukalapak, yaitu Warung Naik Kelas.
Acara kumpul seperti SPEKTA ini adalah kesempatan yang selalu kami manfaatkan untuk melaksanakan hal tersebut, sekaligus memperkuat bonding antar para pemilik warung agar bisa sama-sama menularkan semangat untuk terus bertumbuh”, ujar Becquini Akbar, VP Mitra Operation & Commerce, Mitra Bukalapak. Lewat segmen acara yang diberi judul Juwara Belajar Spesial, para peserta SPEKTA diajak untuk memahami pentingnya pengelolaan keuangan, salah satunya memisahkan keuangan bisnis dan pribadi di rekening bank terpisah. Pengelolaan keuangan yang baik akan membawa sejumlah manfaat, di antaranya memudahkan para pemilik warung memantau pendapatan serta merencanakan alokasi penggunaan pendapatan, termasuk untuk pengembangan bisnis. Sejalan dengan tujuan Mitra Bukalapak untuk mendorong inklusi keuangan di antara para pelaku UMKM, para anggota Juwara juga diajak untuk mengatur keuangan dengan memanfaatkan bank digital, salah satunya BukaTabungan, layanan perbankan digital pertama yang ditawarkan oleh Bukalapak bekerjasama dengan Standard Chartered. BukaTabungan hadir untuk menyediakan layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, baik yang tinggal di daerah perkotaan hingga area terpencil. Dengan begitu, seluruh pelaku UMKM yang tergabung di Mitra Bukalapak, termasuk yang tinggal di area dengan akses terbatas ke fasilitas perbankan, dapat mengakses layanan BukaTabungan. Dengan memanfaatkan beragam fitur dan keuntungan yang ditawarkan oleh BukaTabungan seperti kemudahan buka rekening, bebas biaya admin, dan bonus Cashback, para pemilik warung dapat melakukan manajemen keuangan dengan efektif, mudah, dan aman. “Saya dan anggota Juwara lainnya selalu senang setiap ada acara kumpul Juwara seperti ini karena kami bisa berinteraksi dengan sesama pemilik warung dan usaha lainnya untuk memperluas koneksi dan berbagi tips sukses. Saya makin senang karena di SPEKTA kali ini kami juga berkesempatan belajar ilmu yang sangat penting untuk mengembangkan usaha warung kami, yaitu pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan bank digital. Ini suatu kesempatan yang berharga karena perkembangan teknologi harus kita manfaatkan untuk terus maju”, ujar salah satu anggota Juwara dan peserta SPEKTA, Samsiah Awiyem. Selain Juwara Belajar, acara SPEKTA tahun ini juga menampilkan segmen lainnya seperti Juwara Rewind, di mana seluruh peserta diajak untuk melihat rangkuman kegiatan Juwara sepanjang tahun 2022, termasuk cerita-cerita inspiratif dari para Mitra Bukalapak yang telah berbagi cerita dan ilmunya di kegiatan-kegiatan Juwara, serta pembagian hadiah kompetisi antar anggota Juwara dan penyerahan Mitra awards. Di tahun 2022, hampir 50.000 anggota Komunitas Juwara aktif berpartisipasi di berbagai acara yang diselenggarakan oleh Mitra Bukalapak. Jumlah ini mewakili kenaikan hingga 70% dibandingkan tahun sebelumnya. Tentang Bukalapak BUKA adalah grup perusahaan berbasis teknologi dan super enabler teknologi untuk mendukung transformasi UMKM di Indonesia serta berbagai vertikal bisnis.
Berpegang teguh pada tujuan awal kami untuk memberdayakan UMKM, kini kami melayani lebih dari 110 juta pengguna serta lebih dari 22 juta UMKM di tanah air. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia pertama yang terdaftar di bursa, fokus kami adalah menggunakan teknologi untuk mendukung kebutuhan gaya hidup digital saat ini bagi para UMKM serta masyarakat Indonesia secara umum melalui berbagai vertikal, dari marketplace, finance dan fintech, offline to online, merchant solutions, hingga pengadaan. Dengan memanfaatkan lebih dari 1 dekade inovasi teknologi yang diperuntukkan bagi konsumen dan pemilik bisnis di Indonesia, BUKA adalah tech enabler dan pendorong transformasi digital di Indonesia.
Baca Juga: Bukalapak Jadi Perusahaan Teknologi Pertama Ajarkan Warung Berbahasa Inggris Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti