Mitra Keluarga (MIKA) Dapat Rekomendasi Beli dari Maybank Sekuritas, Ini Alasannya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maybank Sekuritas Indonesia mempertahankan rating buy PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA). Peran sebagai rumah sakit komunitas hingga ekspansi layanan yang berkelanjutan menjadi pertimbangannya.

Analis Maybank Sekuritas, Paulina Margareta mengatakan, MIKA bertujuan untuk menjadi rumah sakit komunitas terbaik di Indonesia. Hal itu dengan melayani pasien yang tinggal dalam radius 3 km dari masing-masing 30 rumah sakitnya yang tersebar di seluruh wilayah Jawa.

Manajemen MIKA juga menegaskan kembali fokusnya untuk meningkatkan jumlah rumah sakit di lokasi-lokasi utama di Jawa.


"Kami melihat hal ini secara positif karena jumlah dokter di daerah luar Jawa masih terbatas dan PDB per kapita masih rendah," tulisnya dalam riset, Jumat (27/9).

Mitra Keluarga juga berupaya untuk memperluas Centre of Excellence (CoE), dengan fokus pada prosedur onkologi dan otak. Hal ini telah dimulai dengan dua pusat radioterapi baru di MIKA Bekasi Timur dan Kenjeran, serta baru-baru ini memperoleh lisensi untuk pemindaian Positron Emission Tomography (PET), yang akan berlokasi di Bekasi Timur.

Baca Juga: Empat Resep Mitra Keluarga (MIKA) Tumbuh Sehat

Selain itu, MIKA juga akan membangun pusat stroke baru di Surabaya. Perseroan telah membeli mesin biplane (rumah sakit swasta pertama yang melakukannya) untuk mendukung bedah saraf non-invasif.

Saat ini, Paulina melihat bahwa kontribusi pendapatan dari segmen CoE berkisar 15%-20%.

"Investasi ini akan membantu MIKA memperkuat keunggulan kompetitifnya dan memberikan peningkatan pada profitabilitas yang superior," terangnya.

Untuk jangka pendek, Maybank Sekuritas memperkirakan kinerja yang tumbuh positif. Paulina memproyeksikan pendapatan MIKA sebesar Rp 4,99 triliun, EBITDA Rp 1,85 triliun dan laba bersih mencapai Rp 1,2 triliun.

Prediksi mempertimbangkan basis rata-rata harga jual yang lebih tinggi 5%-7% sejak Januari 2024. Lalu, penambahan kapasitas dari ekspansi brownfield sebesar 7% secara tahunan, permintaan organik dari penyakit yang terkait dengan musim hujan dan intensitas kasus yang lebih tinggi.

Dus, Maybank Sekuritas mempertahankan rating buy MIKA dengan target harga Rp 3.500.

"Kami percaya valuasi premium MIKA dengan kinerja operasional yang konsisten, memiliki tata kelola perusahaan yang kuat, dengan komitmen pembayaran dividen yang berkelanjutan," tutup Paulina.

 
MIKA Chart by TradingView

Selanjutnya: Deflasi Lima Bulan Beruntun, Airlangga Bantah Daya Beli Masyarakat Lesu

Menarik Dibaca: MIND ID Komitmen Hilirisasi yang Berkelanjutan, Simak Caranya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari