Mitsubishi, Honda dan Nissan Akan Jalin Kemitraan Kembangkan Perangkat Lunak



KONTAN.CO.ID - TOKYO. Mitsubishi Motors, Jepang akan beraliansi dengan Honda Motor dan Nissan Motor. Kerjasama ketiganya akan menciptakan grup otomotif dengan penjualan gabungan lebih dari 8 juta kendaraan. 

Sumber Nikkei Asia, Mitsubishi Motors, yang 34% sahamnya dimiliki oleh Nissan, akan bekerjasama dengan Honda dan Nissan untuk menstandardisasi perangkat lunak dalam kendaraan. Mitsubishi Motors menolak mengomentari laporan tersebut, sementara pejabat di Nissan dan Honda tidak segera tersedia untuk dimintai komentar.

Ide kemitraan tersebut muncul karena Nissan, produsen mobil terbesar ketiga di Jepang terus kehilangan pangsa pasar di dua pasar terbesarnya, Amerika Serikat dan China. Padahal keduanya menyumbang setengah dari penjualan global hingga Maret.


Baca Juga: Mobil Listrik Termurah GIIAS 2024 Siap Bersaing Merebut Minat Konsumen

Pada Kamis (25/7), perusahaan ini memangkas proyeksi kinerja tahunannya setelah penurunan kinerja di AS. Penurunan ini hampir mengurangi setengah dari laba kuartal pertama.

Kolaborasi dinilai dapat membantu produsen mobil Jepang memangkas biaya dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi persaingan ketat dalam kendaraan listrik, yang didominasi oleh perusahaan seperti BYD dari China dan Tesla.

Di China sebagai pasar mobil terbesar di dunia, merek-merek Jepang sebelumnya cukup kuat. Tetapi sekarang harus bersaing dengan produsen mobil lokal yang telah meningkatkan produksi dengan cepat dan memenangkan hati konsumen dengan kendaraan berharga murah yang dilengkapi dengan perangkat lunak.

Nissan dan Honda mengatakan pada Maret sedang mempertimbangkan kemitraan strategis untuk memproduksi komponen EV karena mereka berusaha mendapatkan pijakan lebih besar di pasar global untuk mobil bertenaga baterai, yang diperkirakan akan tumbuh selama beberapa tahun mendatang.

Selanjutnya: Muhammadiyah Resmi Terima Penawaran Izin Pengelolaan Tambang

Menarik Dibaca: 15 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Pejuang Diet!

Editor: Avanty Nurdiana