Mitsubishi yakin menjual 160.000 mobil tahun ini



JAKARTA. Tren pasar mobil yang turun tak membuat Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi, yakni PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, menjadi pesimistis. Perusahaan itu justru menaikkan target penjualan mobilnya menjadi 160.000 unit.

Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor Rizwan Alamsyah bilang, semula perusahaan menargetkan penjualan mobil tahun ini sebanyak 155.000 unit. Namun, melihat kenaikan permintaan di pasar segmen mobil penumpang, ia optimistis bisa mencapai penjualan hingga 160.000 unit. "Walaupun industri mobil komersil sedang lesu, tapi industri mobil penumpang tumbuh signifikan. Kami optimistis Mitsubishi tetap tumbuh 5% di tahun ini," tutur Rizwan.

Hingga Agustus 2013 lalu, Rizwan bilang, Mitsubishi sudah menjual 101.922 unit kendaraan. Dari jumlah itu, sebanyak 42.939 unit dikontribusi oleh penjualan mobil segmen komersial. Rizwan berharap hingga akhir tahun penjualan mobil segmen komersial bisa mencapai 65.000 unit. Asal tahu saja, saat ini, total pasar kendaraan komersial mencapai 95.000 unit.


Rizwan bilang, lesunya bisnis pertambangan cukup berdampak pada penjualan Mitsubishi. Namun, untuk meminimalkan dampak penurunan penjualan dari segmen komesial ini, perusahaan menggenjot penjualan kendaraan non tambang. Sehingga, "Penurunan di sektor tambang tidak mengubah total pasar kendaraan komersial. Sebab, permintaan pasar kendaraan untuk angkutan dan infrastruktur naik sekitar 20%," jelasnya.

Dari sisi distribusi, saat ini sekitar 50% penjualan kendaraan komersial Mitsubishi di Pulau Jawa. Sedangkan penjualan di Sumatra sekitar 30% dan Kalimantan sekitar 15%. Sementara sisanya dipasarkan ke Indonesia Timur.

Sementara itu, hingga hari ketujuh gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Mitsubishi berhasil menjual 109 unit kendaraan. Dari jumlah itu, "Penjualan terbanyak dari jenis Colt Diesel," kata Rizwan.

Untuk bisa mencapai target penjualan tahun ini, Rizwan bilang, Mitsubishi terus memperkuat jaringan pemasaran, pelayanan purna jual, dan suku cadang kendaraan. Mitsubishi juga berinovasi untuk menyediakan kendaraan yang sesuai kebutuhan masyarakat baik dari sisi kapasitas, kekuatan, dan kecepatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi