MK Tolak Gugatan Kader PPP Terkait Ambang Batas Parlemen 4%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak permohonan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Didi Apriadi, untuk menghapus ambang batas parlemen 4 persen terhitung sejak Pileg DPR 2024.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua MK Suhartoyo dalam sidang pengucapan putusan nomor 45/PUU-XXII/2024 itu, Selasa (30/7/2024).

Dalam pertimbangannya, MK menegaskan bahwa Mahkamah telah menerbitkan putusan nomor 116/PUU-XXI/2023 yang dasar argumentasi gugatannya tidak berbeda jauh dengan gugatan Didi Apriadi.


Baca Juga: Waspadai Modus Salah Transfer, Cek Daftar Pinjol Legal & Ilegal 2024

Putusan tersebut dianggap telah mencerminkan sikap Mahkamah atas ambang batas parlemen pada Pasal 414 ayat (1) UU Pemilu yang digugat Didi.

Bedanya, gugatan Didi ingin agar penghapusan ambang batas parlemen dapat diberlakukan sekarang juga, ketika PPP terusir dari Senayan karena hanya mengantongi 3,87 persen suara sah pada Pileg DPR RI 2024.

MK menegaskan, sebagaimana pada putusan nomor 116/PUU-XXI/2023, hasil Pileg DPR RI 2024 tetap konstitusional dengan ambang batas parlemen 4 persen, asal pileg-pileg berikutnya harus telah diberlakukan norma baru soal ambang batas parlemen hasil kebijakan hukum terbuka oleh pembentuk undang-undang. Hal itu, menurut majelis hakim, bukan berarti diskriminasi terhadap PPP.

"Mahkamah tidak memiliki alasan yang kuat dan mendasar untuk bergeser dan berubah pendirian dalam pertimbangan hukum Putusan MK Nomor 116/PUU-XXI/2024," kata hakim konstitusi Arief Hidayat membacakan pertimbangan putusan.

Arief menambahkan, jika MK menghapus ambang batas parlemen terhitung sejak Pileg DPR RI 2024, hal itu justru merusak prinsip kepastian hukum pemilu.

Baca Juga: Capim KPK Datangi Kantor Kemensetneg untuk Jalani Tes Tertulis Pagi Ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MK Tolak Gugatan Kader PPP Hapus Ambang Batas Parlemen Pileg 2024", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/07/31/06411071/mk-tolak-gugatan-kader-ppp-hapus-ambang-batas-parlemen-pileg-2024.

Selanjutnya: Larangan Jual Rokok Eceran Dekat Intansi Pendidikan & Taman Bermain, Ini Kata APVI

Menarik Dibaca: 20 Ucapan Hari Kanker Paru Sedunia untuk Memberikan Dukungan dan Semangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati