MNC Life akan gencar masuk pasar mikro



JAKARTA. PT MNC Life Assurance akan gencar memasarkan asuransi ke pasar mikro tahun ini. MNC Life menargetkan pendapatan premi Rp 150 miliar dari Hario Siaga, yaitu asuransi dengan voucher pre-paid untuk segmen menengah ke bawah. "Untuk 2013, fokus pangsa pasar kelas menengah, ucap Direktur Utama MNC Life Patricia Rolla Bawata.

Hario Siaga adalah produk voucher asuransi seharga Rp 10.000 per bulan dan Rp 55.000 per tahun, yang menyasar segmen kelas menengah ke bawah. Pada 2012, voucher Hario Siaga terjual kepada 100.000 nasabah. MNC Life berhasil mendapatkan premi Rp 5,5 miliar dari produk ini.

Rolla menyebut, MNC Life menargetkan premi Rp 150 miliar untuk Hario Siaga dan Rp 300 miliar untuk total pendapatan premi di 2013. "Separuh target premi ke Hario Siaga. Kita ingin menunjukkan bahwa asuransi bukan barang mahal, bukan cuma untuk orang berduit," ujar Rolla.


Rolla menyebut bahwa MNC menyasar minimal 2,4 juta nasabah pembeli voucher Hario Siaga di 2013. "Masyarakat Indonesia ada 240 juta orang. 1% saja 2,4 juta orang," katanya.

Selain itu, MNC Life juga memberikan uang muka klaim. Disebut Rolla, dengan Hario Siaga ini, nasabah yang datang mengklaim bisa langsung diberikan uang muka klaim sebelum prosesnya selesai. "Beli asuransi mudah, klaim mudah," ucapnya.

Pada produk Hario Siaga ini, nasabah bisa mendapatkan klaim kecelakaan Rp 3 juta, dan meninggal dunia Rp 30 juta. Saat ini, Hario Siaga hanya dijual di agen. Rencananya, baru tahun ini akan mulai dijual di apotek dan toko obat.

"Kita harus bikin segala cara yang menggampangkan proses, tidak berbelit-belit. Hario Siaga ini produknya sederhana, izinnya sederhana," ucap Rolla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Djumyati P.