Mobil kabin ganda melibas jalan-jalan di perkotaan



Kendaraan kabin ganda alias double cabin tidak lagi identik dengan kawasan perkebunan dan pertambangan saja, tapi juga perkotaan. Tak heran, mobil pikap dengan sistem penggerak empat roda ini mulai banyak wara-wiri di jalan-jalan kota. Status baru ini pun mengerek angka penjualan mobil jenis ini.

Memang, Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian, agen pemegang merek Mitsubishi, mengungkapkan pasar mobil kabin ganda untuk perkotaan masih kecil, hanya 2% dari total pasar kendaraan pikap 4x4 itu. "Tetapi terus berkembang," ungkap Rizwan.

Karena itu, Krama Yudha meluncurkan Mitsubishi Strada Triton seri HD-X pada Maret 2011 yang juga menyasar pasar perkotaan. Rizwan bilang, tampang mobil kabin ganda ini lebih trendi ketimbang varian Mitsubishi Strada Triton lainnya. Dengan begitu, HD-X oke meluncur di jalan-jalan di kota besar khususnya Jakarta.


Kehadiran HD-X juga mendongkrak penjualan Mitsubishi Strada Triton. Sepanjang tahun ini, Strada Triton menguasai 42% dari total pasar mobil kabin ganda atau naik 2% ketimbang tahun lalu yang hanya 40%. Di 2011 ini, Krama Yudha dalam sebulan rata-rata menjual 750 Strada Triton.

Menurut Rizwan, untuk meningkatkan angka penjualan, selain HD-X, Mitsubishi Strada Triton punya enam varian lain yang meramaikan pasar mobil kabin ganda di Indonesia pada tahun ini. "Kami juga didukung 200 diler dan 4.000 spare part shop (toko suku cadang)," katanya.

Tentu saja, industri perkebunan kelapa sawit dan pertambangan yang terus menggeliat memberi kontribusi yang sangat besar bagi penjualan Strada Triton. Pasar utama mobil kabin ganda besutan Mitsubishi ini adalah Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Rizwan optimistis, Strada Triton tetap jadi penguasa pasar pikap 4x4. "Dari tahun ke tahun pangsa pasar kami terus meningkat," ujar dia.

Lea Kartika Indra, Direktur Komunikasi PT Ford Motor Indonesia, mengklaim, Ford Ranger yang lebih dulu menyasar pasar perkotaan. "Sekitar 5% pasar Ford Ranger ke pasar perkotaan dan pehobi," bebernya.

Ford Ranger, Lea menjelaskan, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta mobil di Indonesia khususnya kendaraan kabin ganda. Soalnya, Ford Ranger bisa memenuhi berbagai kebutuhan dan tuntutan gaya hidup untuk pengendara yang menghargai kualitas, keamanan, dan teknologi pintarnya. Namun, "Kami tetap tidak akan melupakan korporat sebagai konsumen terbesar kami," imbuh Lea.

Saat ini, Lea menambahkan, Ford Ranger menggenggam 30% pasar mobil kabin ganda di Indonesia. Penjualan Ford Ranger selama tahun 2010 lalu mencapai 5.651 unit.

Tetap fokus

Beda dengan Mitshubishi dan Ford, Chief Executive Officer (CEO) PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation Supranoto Tirtodiprodjo bilang, perusahaannya masih fokus menjual Isuzu D-Max ke pasar perkebunan dan pertambangan. Pasarnya memang masih kecil baru 3%. Tetapi, penjualan Isuzu D-Max terus meningkat sebab makin banyak konsumen korporat yang meminta. "Penjualan kami 100 unit per bulan," katanya.

Sebetulnya, permintaan bulan ini lebih dari 100 unit. Namun, bencana banjir yang melanda Thailand membuat pasokan komponen D-Max seret. "Bukan kami saja yang kena dampak, seluruh agen pemegang merek yang menjual mobil asal Jepang juga terkena dampaknya," ujar Supranoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari