Moeldoko Sebut Kemungkinan Prabowo Umumkan Menteri Baru pada 20 Oktober Malam



KONTAN.CO.ID- JAKARTA. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan, Presiden Terpilih Prabowo Subianto kemungkinan akan mengumumkan jajaran menteri dalam kabinetnya pada malam hari, 20 Oktober 2024 malam. 

Langkah ini diambil untuk memastikan kinerja pemerintahan tidak mengalami kekosongan (vakum). 

"Saya pikir iya ya, mestinya seperti itu, karena semaksimal mungkin tidak ada vakum, mungkin seperti itu tekniknya," ujar Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024). 


Meski demikian, Moeldoko mengaku tidak mengetahui lebih lanjut mengenai daftar jajaran menteri yang akan dilantik, termasuk isu yang beredar bahwa calon menteri akan dikumpulkan di Magelang sebelum atau sesudah diumumkan. 

"Oh saya tidak tahu ya, saya tidak masuk ke sana, saya tidak masuk ke sana," tambahnya.

Baca Juga: Golkar Harap Dapat Jatah Menteri Lebih dari Lima di Kabinet Prabowo

Sebelumnya, diberitakan bahwa Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinetnya segera setelah pelantikannya pada 20 Oktober 2024. 

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan informasi ini dan menjelaskan bahwa pengumuman tersebut akan dilakukan langsung pada hari pelantikan. 

"Rencananya begitu," ujar Dasco saat dimintai konfirmasi oleh Kompas.com, Senin (16/9/2024). 

Prabowo dikabarkan akan membentuk kabinet zaken, yaitu kabinet yang diisi oleh menteri-menteri profesional dari kalangan partai politik maupun non-partai. 

Menurut Dasco, menteri dari kalangan profesional diperkirakan akan mendominasi kabinet Prabowo. 

"Keberadaan orang-orang profesional itu juga lebih banyak kelihatannya, daripada yang kemudian dari partai politik," ungkap Dasco kepada wartawan di Gedung DPR RI, Kamis (12/9/2024).

Baca Juga: Pemindahan ASN ke IKN, Menpan RB: Keputusan di Tangan Pemerintahan Baru

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Moeldoko Ungkap Kemungkinan Prabowo Umumkan Menteri Baru pada 20 Oktober Malam", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/02/17480581/moeldoko-ungkap-kemungkinan-prabowo-umumkan-menteri-baru-pada-20-oktober.

Selanjutnya: Ini Alasan Trisula International (TRIS) Bagi Dividen Interim

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (3/10) Hujan Deras, Status Waspada Bencana Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati