KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme konsumen nampak menurun pada Maret 2022. Berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia (BI), ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2022 yang sebesar 111,0 atau lebih rendah dari 113,1 pada bulan Februari 2022. Meski ada penurunan pada Maret 2022, Analis Makroekonomi Bank Danamon Irman Faiz tetap optimistis kepercayaan konsumen ke depan akan meningkat seiring dengan perbaikan aktivitas ekonomi dan ada momen Ramadhan serta Idul Fitri. Faiz melihat, peluang meningkat ada pada Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini. Meski, komponen ini pada Maret 2022 tercatat sebesar 93,9 atau melambat dari 95,5 pada bulan sebelumnya. Tak hanya melambat, bahkan ini berada di zona pesimistis dengan indeks di bawah 100.
Momen Lebaran dan Perbaikan Mobilitas akan Dorong Peningkatan Keyakinan Konsumen
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme konsumen nampak menurun pada Maret 2022. Berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia (BI), ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2022 yang sebesar 111,0 atau lebih rendah dari 113,1 pada bulan Februari 2022. Meski ada penurunan pada Maret 2022, Analis Makroekonomi Bank Danamon Irman Faiz tetap optimistis kepercayaan konsumen ke depan akan meningkat seiring dengan perbaikan aktivitas ekonomi dan ada momen Ramadhan serta Idul Fitri. Faiz melihat, peluang meningkat ada pada Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini. Meski, komponen ini pada Maret 2022 tercatat sebesar 93,9 atau melambat dari 95,5 pada bulan sebelumnya. Tak hanya melambat, bahkan ini berada di zona pesimistis dengan indeks di bawah 100.