Moms, Ketahui Inilah Dampak Kelebihan Vitamin A pada Ibu Hamil



MOMSMONEY.ID - Mengonsumsi vitamin memang sangat dianjurkan, tapi kenali juga dampak kelebihan vitamin A pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil. 

Namun, jumlah asupannya perlu disesuaikan, karena kelebihan vitamin A saat hamil bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungannya. 

Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi nutrisinya selama mengandung. Salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi adalah vitamin A. 

Pasalnya, vitamin A punya peranan penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta meningkatkan daya imun tubuh.  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Inilah 5 Olahraga yang Aman Dilakukan Ibu Hamil

Sayangnya, asupan vitamin A juga tidak boleh berlebihan karena bisa berdampak pada kondisi kehamilan.  

Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan selalu mencukupi kebutuhan vitamin A namun sesuai jumlah yang dianjurkan untuk ibu hamil. 

Namun, melansir dari Pregnant Education, inilah beberapa dampak kelebihan vitamin A pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

1. Keracunan vitamin A

Dampak kelebihan vitamin A pada ibu hamil bisa menyebabkan keracunan vitamin A atau hipervitaminosis A. 

Kondisi ini bisa terjadi pada ibu hamil yang terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dari makanan yang bersumber dari hewan, seperti daging dan hati, atau suplemen vitamin A. 

Sementara itu, asupan vitamin A dari buah dan sayuran cenderung berisiko lebih rendah untuk menyebabkan keracunan vitamin A. 

2. Potensi bahaya lebih besar

Vitamin A adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Di dalam tubuh, vitamin A akan disimpan di dalam organ hati dan jaringan lemak. 

Apabila asupannya terlalu banyak, vitamin A akan mengalami penumpukan, sehingga menyebabkan keracunan vitamin A yang dapat merusak organ hati. 

Vitamin A bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, seperti daging, hati sapi atau ayam, ikan, telur, keju, susu, serta buah dan sayuran seperti ubi, bayam, labu, melon, brokoli, dan tomat. 

Baca Juga: Moms, Inilah Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil, Apa Saja ya?

3. Meningkatkan risiko bayi terlahir cacat

Seperti halnya jika Bumil kekurangan vitamin A, kelebihan vitamin A saat hamil juga dapat menyebabkan kelainan kongenital atau kondisi bayi lahir cacat. 

Cacat lahir ini bisa berupa kelainan bentuk pada hampir seluruh bagian atau organ tubuh, termasuk mata, kepala, paru-paru, dan jantung. 

Selain itu, kelebihan vitamin A saat hamil juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran.  

Sementara itu, suplemen vitamin A tambahan tidak harus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut selama hamil, kecuali dokter kandungan menganjurkannya. 

Lagi pula, sebagian besar vitamin kehamilan sudah mengandung vitamin A. Jadi, kebutuhan vitamin A Bumil tidak perlu ditambah lagi dengan suplemen vitamin A tambahan. 

Jika ibu hamil ingin mengonsumsi suplemen vitamin A atau vitamin kehamilan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan salah dosis yang bisa menyebabkan kelebihan vitamin A saat hamil. 

Mengonsumsi vitamin memang sangat dianjurkan, tapi kenali juga dampak kelebihan vitamin A pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian