Motor Honda ini bakal dibangkitkan kembali, begini bocoran awalnya



KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Honda tengah bersiap untuk menghidupkan line up motor street yakni Honda ST125 Dax. Setelah sukses indah dengan Honda C125 dan Honda Monkey 125 yang secara bertahap merilis varian khusus. 

Melansir dari Greatbiker.com, rendering Honda ST125 Dax telah dipublikasikan, meski belum menjadi keterangan resmi dari Honda.

Honda ST125 Dax telah menjadi rumor motor terbaru dalam beberapa hari terakhir. Kini, telah berhembus kabar bahwa tengah Honda mengajukan permohonan registrasi produk dengan nama Honda ST125. 

Registrasi tersebut diprediksi oleh media Jepang sebagai Honda ST125 Da yang akan lahir kembali ke platform modern.

Baca Juga: Honda recall 1,7 juta unit mobil di seluruh dunia, apa saja mobilnya? 

Honda Dax pertama meluncur di tahun 70an

Honda Dax pertama kali dirilis pada tahun 1969 dengan layout yang unik. Honda merilis tiga ukuran mesin dengan kode ST yaitu ST50, ST70 dan ST90. Sedangkan untuk nama tambahan, Honda memberikan nama Dax di pasar Jepang dan TrailSport di pasar Amerika.

Baca Juga: Si Raja BigBike Honda CB1300 2021 bakal segera mengaspal, apa istimewanya?

Dengan begitu, gambar Honda ST125 Dax yang muncul memperlihatkan adanya pembaruan yang cukup modern dari generasi pertama. 

Honda ST125 Dax memiliki exoskeleton yang sangat jelas dengan aslinya. Rangka motor menggunakan struktur tulang punggung horizontal yang menghubungkan langsung ke kepala motor. Honda ST125 Dax memiliki suspensi bergaya Honda Monkey.

Dari segi mesin, diharapkan Honda menghadirkan mesin yang sama yang dipasang pada versi Honda Monkey 125 dan C125.

Mesin ini memiliki berkapasitas 125 cc 1 silinder, 4 jalur dengan berpendingin udara. Tenaga Honda Monkey tercatat pada 9,2 horsepower pada 7.500 rpm, torsi maksimum 8,1 Nm dengan transmisi 4 percepatan. 

Honda ST125 Dax diharapkan bisa ditawarkan di pasar Asia, menyusul Honda Monkey. Honda Monkey telah dirilis di Indonesia pada tahun ini dan dibanderol mulai Rp 63,2 juta.

Selanjutnya: Promo akhir tahun 2020, harga Honda Scoopy lebih ramah di kantong

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News