MPX Logistics International (MPXL) Meneken Kontrak Baru Senilai Rp 35 Miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) menandatangani kontrak pengangkutan fly ash dan bottom ash (FABA) PLTU sebanyak 660.000 ton. Kontrak diperoleh dari perusahaan semen asal China yang berinvestasi di Indonesia, yaitu PT CONCH Cement Indonesia.

MPXL akan bertanggung jawab untuk mengangkut limbah batu bara PLTU ke lokasi pabrik semen untuk dimanfaatkan. FABA merupakan abu yang dihasilkan dalam proses pembakaran batu bara di PLTU. Penggunaan FABA dalam industri semen dan infrastruktur semakin populer karena sifatnya yang ramah lingkungan dengan mengurangi polusi lingkungan.

Direktur Utama MPXL Wijaya Candera mengatakan, kontrak ini akan memberikan manfaat finansial bagi MPXL. Selain itu juga akan meningkatkan citra perusahaan sebagai mitra yang andal dalam industri logistik.


Baca Juga: MPX Logistics (MPLX) Angkut 2.300 Ton Semen Untuk Proyek Smelter Amman

"Dengan pengalaman dan kompetensi yang dimiliki, MPX Logistics dapat memastikan pengiriman yang tepat waktu dan profesional kepada perusahaan semen tersebut,” ujar dia dalam siaran pers, Selasa (11/7).

MPXL pun kian optimistis akan pertumbuhan kinerja di semester II 2023 akan melebihi target yang ditetapkan. Terlebih dengan adanya tambahan kontrak jasa angkut FABA PLTU ini dengan perkiraan senilai Rp 35 miliar. Adapun periode kontrak sendiri selama dua tahun.

Pada semester I 2023, MPXL mengklaim mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 24% menjadi Rp 63,5 miliar dibandingkan semester I 2022 (YoY). "Kenaikan pendapatan ditopang dari segmen penjualan material untuk proyek Amman Smelter Sumbawa dan proyek pabrik kertas di Kaltara," katanya.

Baca Juga: Masuk Bursa, MPX Logistics (MPXL) Bidik Laba Bersih Rp 17 Miliar

Laba bersih disebut tumbuh 28% YoY menjadi Rp 4,35 miliar dari Rp 3,39 miliar di semester I 2022. Sementara itu, aset MPXL meningkat 95% menjadi Rp 116,5 miliar dari sebelumnya senilai Rp 59,74 miliar dengan ekuitas meningkat menjadi Rp 86,3 miliar.

Wijaya menambahkan, pencapaian kinerja MPXL akan terus tumbuh seiring dengan mulai beroperasi 10 unit kendaraan truk tronton tanki baru pada Juli ini. "MPXL juga menambah pesanan 5 unit truk baru jenis trailer dan 10 unit dump truk tronton untuk memenuhi kebutuhan kontrak jasa angkut FABA PLTU ini," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati