KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) melihat potensi beban pembayaran cost overrun Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan mempengaruhi PT Kereta Api Indonesia (KAI). "Impact dari cost overrun yang sangat besar yang ditanggung oleh konsorsium Indonesia terutama KAI, dikhawatirkan akan mengurangi kualitas layanan Kereta Api secara menyeluruh karena biaya-biaya lainnya dikurangi demi untuk pembayaran fasilitas dan atas beban utang KCJB," kata Pengamat Transportasi MTI Leny Maryoury kepada Kontan.co.id, Selasa (11/6). Menurut dia, negosiasi ulang diperlukan agar proporsi cost overrun yang ditanggung Indonesia dapat ditekan. "Karena pendapatan operasional dari KCJB secara standard belum mampu menanggung operation and maintenance (O&M) KCJB apalagi untuk membayar utang, tentu saja kinerja operasional menjadi tidak berkelanjutan," terang Leny.
MTI Khawatir Pelayanan PT KAI Menurun Karena Harus Bayar Cost Overrun KCIC
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) melihat potensi beban pembayaran cost overrun Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan mempengaruhi PT Kereta Api Indonesia (KAI). "Impact dari cost overrun yang sangat besar yang ditanggung oleh konsorsium Indonesia terutama KAI, dikhawatirkan akan mengurangi kualitas layanan Kereta Api secara menyeluruh karena biaya-biaya lainnya dikurangi demi untuk pembayaran fasilitas dan atas beban utang KCJB," kata Pengamat Transportasi MTI Leny Maryoury kepada Kontan.co.id, Selasa (11/6). Menurut dia, negosiasi ulang diperlukan agar proporsi cost overrun yang ditanggung Indonesia dapat ditekan. "Karena pendapatan operasional dari KCJB secara standard belum mampu menanggung operation and maintenance (O&M) KCJB apalagi untuk membayar utang, tentu saja kinerja operasional menjadi tidak berkelanjutan," terang Leny.