MUFG Akuisisi Mandala Multifinance, Adira Finance: Perkuat Sinergi dan Kolaborasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG Group) digadang-gadang bakal semakin kuat, berkat aksi akuisisinya pada perusahaan pembiayaan atau multifinance di Tanah Air.

Tercatat tiga perusahaan multifinance berada dalam dekapan grup keuangan tersohor asal Jepang itu. Di antaranya PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance), PT Home Credit Indonesia dan teranyar baru saja mengakuisisi PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN).

Adira Finance dan Mandala Finance merupakan dua perusahaan multifinance yang bergerak di bidang pembiayaan otomotif.


Adira Finance melayani pembiayaan kendaraan bermotor baik baru maupun bekas. Perusahaan bersandi saham ADMF itu tercatat memiliki aset sebesar Rp 28,52 triliun dan mengelola pembiayaan Rp 48,3 triliun pada kuartal I 2023.

Baca Juga: Bisnis Finansial MUFG Semakin Mengular

Sementara itu, MUFG membeli Mandala Finance sebab perusahaan berkode saham MFIN ini memiliki bisnis yang kuat di pasar pembiayaan Indonesia Timur.  Tercatat, hingga kuartal I 2023 aset MFIN mencapai Rp 7,05 triliun dan berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 48,3 triliun.

Namun, apabila aset ADMF dan MFIN dikonsolidasikan bisa sebesar Rp 35,57 artinya bisnis MUFG akan semakin kuat, bahkan bisa masuk ke dalam jajaran pemain multifinance besar di Indonesia.

Chief Financial Officer ADMF Sylvanus Gani menyebut bahwa sebagai bagian dari MUFG Group tentu akan memperkuat sinergi serta kolaborasi.

“Sehingga keberadaan group kami akan makin dominan di industri pembiayaan Indonesia.” ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (27/6).

Selain itu, lanjut Gani, ini juga akan membuat pangsa pasar semakin besar, jumlah pelanggan dan layanan yang diberikan makin konprehensif di cakupan wilayah serta juga semakin luas.

Baca Juga: Usai Akuisisi Mandala Multifinance, MUFG Masih Incar Perusahaan Lain di Indonesia

Memang sebelumnya Gani bilang aset Adira Finance di wilayah Indonesia Timur kurang dari 20%, sementara aset MFIN kuat wilayah tersebut.

Lebih lanjut Gani mengatakan bahwa saat ini aksi akuisisi MUFG dan Adira Finance masih dalam proses dan diharapakan bisa selesai pada awal tahun 2024.

“Strukturnya masih belum bisa dipastikan akan dikonsolidasikan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi