MUFG dan NTT DATA Rilis Makalah Infrastruktur Layanan bagi Industri Keuangan



MOMSMONEY.ID - MUFG Bank, Ltd. (MUFG) dan NTT DATA mengumumkan perilisan makalah berjudul Infrastruktur Layanan untuk Industri Keuangan yang diterbitkan oleh Innovative Optical and Wireless Network (IOWN) Global Forum (IOWN-GF).

Dokumen penting ini menjelaskan bagaimana institusi keuangan dapat memanfaatkan teknologi generasi berikutnya untuk meningkatkan layanan digital mereka. Kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan visi ini melalui teknologi IOWN. 

"Industri keuangan saat ini sedang mengalami perubahan besar dalam layanan dan infrastruktur, didorong oleh kebutuhan yang semakin besar akan layanan keuangan masa depan yang dipicu oleh inovasi sosial global," kata Hidehiko Tanaka, Kepala Pusat Teknologi dan Inovasi NTT DATA dalam keterangan tertulis. 


Latar belakangnya, MUFG bergabung dengan IOWN-GF pada Oktober 2021 dan sejak saat itu telah menjajaki penerapan infrastruktur komunikasi generasi baru IOWN pada sistem keuangan serta potensinya untuk mengubah semua industri. 

Pada Oktober 2023, MUFG Bank bersama NTT DATA membentuk tim ahli dalam IOWN-GF untuk menjelaskan potensi transformasi teknologi IOWN pada arsitektur sistem keuangan dan terlibat dalam pengembangan kasus penggunaan awal.

Melalui tim ahli ini, MUFG dan NTT DATA telah mengidentifikasi tantangan dan kebutuhan umum pada sistem teknologi informasi dan komunikasi untuk industri keuangan, mengevaluasi pendekatan penyelesaian dengan menerapkan teknologi IOWN, serta menilai validitasnya. Hasilnya dirangkum dalam makalah baru ini.

Baca Juga: NTT Data Bangun Gedung Jaringan Pusat Data Baru di Indonesia

Makalah Infrastruktur Layanan untuk Industri Keuangan Sektor jasa keuangan berada di garis depan transformasi digital dan menghadapi tantangan unik seperti keterbatasan kinerja, kepatuhan terhadap regulasi, serta kebutuhan akan layanan yang andal dan tahan lama. Saat institusi keuangan di seluruh dunia berupaya mengatasi tantangan ini, peluang baru muncul untuk berinovasi dalam infrastruktur dan model layanan.

Keandalan tinggi, ketahanan terhadap bencana, kinerja canggih, dan keamanan sangat dibutuhkan untuk menyediakan layanan keuangan yang stabil di segala situasi. Salah satu strategi masa depan untuk konfigurasi sistem keuangan adalah menggunakan pusat data yang tersebar secara geografis untuk mempertahankan ketahanan sistem secara keseluruhan.

Makalah terbaru dari IOWN-GF menyoroti bagaimana teknologi IOWN dapat menjawab tantangan utama sektor keuangan dalam transformasi digital. Secara khusus, makalah ini membahas dan menggambarkan desain beberapa pusat data menggunakan teknologi IOWN serta pengembangan model proof-of-concept.

Tujuan dan Sasaran Proyek

Proyek ini bertujuan untuk memberikan kinerja dan keandalan yang tiada tara, memungkinkan entitas keuangan mengatasi tantangan pasar dengan layanan yang dinamis dan tangguh. Inisiatif ini didorong oleh keahlian kolektif IOWN-GF, yang memanfaatkan teknologi canggih seperti Open All-Photonic Networks untuk efisiensi energi, kinerja, dan manajemen jaringan yang superior.

Tujuan dan cakupan makalah ini meliputi:

  1. Menetapkan desain referensi untuk infrastruktur komputasi multi-pusat data.
  2. Menjelaskan kasus penggunaan dan persyaratan utama.
  3. Menetapkan Kriteria Evaluasi Teknologi dengan kasus referensi dan tolok ukur.
  4. Mengembangkan Model Implementasi Referensi.
  5. Memberikan panduan untuk melakukan Proofs of Concept.
Makalah ini adalah langkah awal untuk melibatkan pengguna awal di industri keuangan, serta menguraikan bagaimana teknologi IOWN GF dapat mendorong layanan transformasional dengan kelincahan dan kemampuan pemulihan bencana yang lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Danielisa Putriadita