MUIP Garuda Fund Sediakan US$ 100 Juta untuk Investasi di Startup



MOMSMONEY.ID - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), bersama dengan MUFG dan anggota grup perusahaannya, termasuk Adira Finance dan Home Credit Indonesia, menegaskan  dukungan mereka terhadap perkembangan startup di Indonesia. Hal ini ditunjukkan melalui MUIP Garuda Fund, sebuah dana investasi senilai USD 100 juta yang berfokus pada pengembangan startup, terutama dalam sektor digital dan fintech.

Dengan lebih dari 2.562 startup yang terdaftar per Januari 2024, Indonesia kini menempati posisi keenam di dunia dalam jumlah startup. Berdasarkan data dari Startup Ranking, negara ini juga memiliki jumlah startup terbanyak di ASEAN, menunjukkan potensi besar untuk pengembangan ekosistem startup di Tanah Air. Dalam konteks ini, Danamon dan MUFG berkomitmen untuk memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan sektor ini.

MUIP Garuda Fund akan menginvestasikan dana pada startup tahap Seri A ke atas, dengan rata-rata investasi sekitar USD 5 juta per startup.


Ryusuke Hirota, Director Overseeing Southeast Asia investments di MUIP, mengatakan, "Dengan total alokasi dana USD 100 juta, MUIP Garuda Fund bertujuan untuk memperkuat ekosistem startup di Indonesia, meningkatkan kapabilitas digital, dan memperluas kolaborasi dengan pelaku fintech.”

Baca Juga: Gelar Danamon Mactching Fair, MUIP Garuda Fund Seleksi Stratup yang Cari Pendanaan

Danamon juga aktif mencari startup berpotensi yang bisa mendapatkan pendanaan dari MUIP Garuda Fund. Salah satu inisiatif yang diambil adalah melalui Danamon Investment Matching Fair, yang berlangsung hari ini, mengundang lebih dari 50 startup untuk menjajaki peluang kolaborasi dan pendanaan.

Jin Yoshida, Global Alliance Strategy Director di Danamon, mengungkapkan, “Kami berharap acara ini dapat membantu mengidentifikasi startup yang memiliki potensi untuk tumbuh dan meraih kesuksesan.”

Sebagai bagian dari strategi memperkenalkan MUIP Garuda Fund kepada lebih banyak pelaku startup, Danamon berpartisipasi dalam Tech in Asia Conference 2024, sebuah acara di Asia Tenggara yang mempertemukan pengusaha, investor, dan inovator dari seluruh dunia.

Partisipasi ini bertujuan untuk memperkenalkan solusi keuangan komprehensif bagi startup dan menciptakan peluang kolaborasi yang mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

Di Tech in Asia Conference 2024, Danamon dan MUFG, bersama Adira Finance, Home Credit Indonesia, dan Zurich Asuransi Indonesia, menampilkan berbagai layanan digital untuk memenuhi kebutuhan startup.

Baca Juga: Gelar Tech Link Summit, Kemenperin Dorong Kolaborasi Startup dengan Industri

Layanan ini mencakup solusi pembayaran digital seperti QRIS berbasis API dan Direct Debit, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan transaksi.

Selanjutnya: Ekonomi Korea Selatan Tumbuh Tipis 0,1% di Kuartal III-2024, Terhindar Resesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha