Mulai 2011, UKM dapat peringkat dari Pefindo



JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dalam memberikan pemeringkatan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"BI sedang mempersiapkan edaran itu dan hampir selesai, kami tinggal menunggu kapan akan disampaikan, yang pasti dilaksanakan pada tahun ini", kata Ronald Andi Kasim, Presiden Direktur Pefindo, di Kantor Pefindo, Selasa, (11/1).

Ronal menjelaskan, dalam hal ini Pefindo akan bekerjasama dengan BI, Kementrian Koperasi & UKM, Kementrian BUMN dan Perbanas. Menurut Ronald, kerjasama ini untuk mempermudah perbankan dalam memberikan akses pendanaan kepada UKM. "UKM yang berkualitas dan mendapatkan peringkat pasti lebih mudah mendapatkan kredit perbankan," jelas Ronald.


Ronald juga menuturkan, bank sentral nantinya akan memimpin pelaksanaan proyek ini. "Pembentukan lembaga ini khusus untuk rating UKM, sebagai bentuk jembatan antara perbankan dengan UKM. Jadi intinya kami sebagai pusat data, statsitik dan grading untuk sektor UKM", tambah Ronald.

Informasi saja, Pefindo akan melakukan sosialisasi ke 7-10 kota besar di Indonesia tahun 2011 ini dan akan memfinalisasi model pemeringkatan UKM. Pembicaraan ini sudah ada sejak tahun 2009 lalu, dengan tujuan untuk meningkatkan UKM di negara-negara asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: