Mulai Gunakan Energi Terbarukan, Peruri Targetkan Dekarbonisasi 32% pada 2030



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kepedulian terhadap lingkungan telah menjadi salah satu program perusahaan saat ini. Salah satunya melalui program dekarbonisasi yang diharapkan dapat mendukung keberlanjutan perusahaan ke depan.

Perusahaan pelat merah, Perum Peruri misalnya menargetkan pada 2023, pihaknya telah mencapai target dekarbonisasi sebanyak 32%. Untuk mencapai target tersebut, Peruri mengklaim telah melalukan banyak hal. 

Head of Corporate Secretary Peruri, Adi Sunardi, mengatakan, Peruri telah menggunakan energi terbarukan dalam operasionalnya. Ia menjabarkan bahwa Peruri menggunakan peralatan dan mesin yang lebih efisien, pemasangan panel surya dan penanaman ratusan pohon di Kawasan Produksi Karawang.


Baca Juga: GovTech Indonesia Diluncurkan, Peruri Siap Jadi Garda Depan Digitalisasi Pemerintahan

"Peruri juga penggunaan mobil listrik untuk kendaraan operasional, hingga pengurangan penggunaan kertas (paperless) menggunakan layanan digital Peruri seperti tanda tangan dan stempel digital," ujar Adi dalam siaran pers, Rabu (29/5).

Target dekarbonisasi 32%, lanjut Adi, pada tahun 2030 diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam upaya global menekan laju perubahan iklim. 

Dengan mengurangi emisi karbon, Peruri tidak hanya berkontribusi pada pengurangan gas rumah kaca, tetapi juga meningkatkan kualitas udara dan kesehatan masyarakat di sekitar operasional perusahaan.

Kesuksesan program ini juga bergantung pada kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, komunitas lokal, dan mitra bisnis. Peruri berkomitmen untuk bekerja sama dalam menciptakan solusi inovatif yang dapat mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon.

Baca Juga: Menggarap Peluang untuk Kelola Invoice Pelaku Bisnis

Dengan komitmen kuat dan langkah konkret yang diambil, Peruri berada di garis depan dalam perjuangan melawan perubahan iklim. Program dekarbonisasi ini adalah bukti nyata dari tujuan perusahaan untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Berkat upayanya tersebut, Peruri meraih penghargaan TOP CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business dengan kategori TOP CSR Bintang 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya. 

Penghargaan tersebut diterima oleh Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Hotel Raffles Jakarta.

Baca Juga: Besok, Diproyeksi Puncak Arus Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Api

“Kami terus berkomitmen melakukan upaya-upaya konkret terhadap pelestarian lingkungan, salah satunya melalui program dekarbonisasi. Pada 2030, PERURI memiliki target dekarbonisasi sebanyak 32 persen. Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus berkontribusi positif bagi masyarakat, lingkungan, dan perusahaan,” ujar Ratih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli