Mulai Pukul 09.00 WIB Sinar UV Capai Level Berbahaya di Wilayah RI



MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 16 Desember 2023.

Bahaya sinar UV dari level tinggi hingga ekstrem masih meliputi langit di Indonesia. Wilayah yang akan merasakan pertama kali adalah Papua.

Wilayah Indonesia paling timur ini akan merasakan bahaya sinar UV sangat tinggi pada pukul 08.00 WIB, 09.00 WITA dan 10.00 WIT. 


Pada waktu ini, wilayah lain seperti Maluku, Nusa Tenggara. dan sebagian Sulawesi Tengah alami bahaya sinar UV tinggi. Sisanya, kecuali Sumatera alami bahaya sinar UV sedang.  

Kemudian, pada pukul 09.00 WIB, di Jawa dan Kalimantan alami sinar UV berbahaya tinggi. Sedangkan Sulawesi dan Nusa Tenggara pada pukul 10.00 WITA alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 

Baca Juga: Billboard Hot 100: Lagu-lagu Natal Ini Banjiri Puncak Chart

Puncaknya akan terjadi pada pukul 11.00 WIB seluruh wilayah alami bahaya sinar UV sangat tinggi. Khusus Maluku, Sulawesi, sebagian Jawa, dan sebagian Kalimantan alami sinar UV berbahaya ekstrem. 

Pada pukul 13.00 WIB, wilayah Sumatra dan Jawa masih alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Sementara Papua sudah kondusif.

Sinar UV berbahaya masih bertahan di wilayah Indonesia barat dan tengah hingga pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA.

Kondisi baru aman untuk beraktivitas di luar ruangan setelah pukul 15.00 WIB atau 16.00 WITA atau 17.00 WIT untuk seluruh Indonesia. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Masak yang Bikin Makanan Makin Enak ala Koki Restoran

Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta