Muncul dengan Wajah Baru, Museum Nasional Indonesia Kembali Dibuka



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Museum Nasional Indonesia resmi dibuka (revitalisasi) Kembali pasca tertimpa musibah kebakaran pada Sabtu (12/10/2024).

Peresmian Museum Nasional Indonesia dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo. 

Mengutip Infopublik.id, Muhadjir mengatakan revitalisasi ini sekaligus mengubah wajah baru Museum Nasional Indonesia.


"Kami berharap semangat reimajinasi warisan budaya Indonesia yang dimulai dari Museum Nasional Indonesia dapat memotivasi seluruh insan permuseuman untuk mengoptimalkan potensi warisan budaya Indonesia,” kata Muhadjir.

Lanjutnya, peristiwa musibah kebakaran yang terjadi pada 16 September 2023 lalu hendaknya menjadi pengingat untuk senantiasa menjaga kerangka kesejarahan sebagai salah satu pembentuk jati diri dan cerminan budaya bangsa.

Muhadjir mengajak generasi milenial untuk lebih peduli terhadap nilai-nilai budaya di tengah perkembangan teknologi. Komitmen pemerintah untuk mendukung pemajuan kebudayaan telah tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2017.

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Golden Week di China Melonjak Tetapi Tingkat Belanja Menurun

“UU Pemajuan Kebudayaan diharapkan dapat memperkuat pengaturan pengelolaan museum yang diharapkan dapat semakin baik memberikan manfaat bagi peningkatan wawasan budayadan kesejahteraan rakyat,” tutur Muhadjir.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir turut menyampaikan apresiasi kepada para insan permuseuman yang telah memberikan dedikasi yang besar bagi kemajuan budaya Indonesia.

Menurutnya peran kurator, edukator, maupun pemerhati museum dapat memperkuat pembangunan berbasis pada kebudayaan.

“Kita perlu terus mengembangkan dan memanfaatkan ruang-ruang museum ini dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” ucap Muhadjir.

Baca Juga: Penataan Kampung Seni Borobudur Rampung, Masyarakat Sekitar dapat Dukungan

Selanjutnya: Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Kalimantan Timur (14 Oktober 2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie