Nah ini dia 20 jawara Mandiri Wirausaha 2014



JAKARTA. Ajang kewirausahaan Mandiri 2014 menghasilkan 20 jawara pengusaha dan inovator muda potensial yang siap berkontribusi aktif membangun indonesia. Selain penghargaan, para jawara tersebut juga akan mendapatkan bantuan pengembangan bisnis serta pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran.

Penghargaan pemenang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, didampingi oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin di senayan Jakarta, Kamis (12/3).

Para pemenang tersebut merupakan hasil seleksi dari 55 finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM), 10 finalis Mandiri Young Technopreneur (MYT) dan 16 finalis Wirausaha Sosial Mandiri (WSM).


Mereka disaring dari 7.718 peserta WMM, 763 tim peserta MYT dan 498 tim peserta WSM. Proses seleksi ini dilakukan di 12 kantor wilayah Bank Mandiri seluruh Indonesia.

"Ajang kompetisi kewirausahaan ini juga telah menginspirasi banyak generasi muda untuk menerapkan konsep 'out of the box' dalam menyusun rencana masa depan, termasuk pengembangan bisnis, tentu saja dengan mempertimbangkan tren, kondisi lingkungan dan sumber daya yang dimiliki," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Budi Sadikin.

Kompetisi kewirausahaan mandiri ini menjadi program strategis dari kegiatan corporate social responsibility Bank Mandiri. Pasalnnya, program ini telah berhasil meningkatkan skills dan kapasitas ribuan wirausaha muda sejak pertama kali di gelar 2007 lalu.

Berikut para pemengang Wirausaha Mandiri 2014

Pada program WMM Kelompok mahasiswa: (Kategori industri Perdagangan dan Jasa) Pemenang I Gita Adinda Nasution (Kolagit -obat diabetes dan komplikasinnya) Pemenang II  M. Zulqarnain A.R (Iwearzule-custome clothing)

(Kategori Boga) Pemenang I Filsa Budi Ambia (peyek kepiting -jajanan peyek daging kepiting)

(Industri Kreatif) Pemenang I Adhidharma Sudrajat (Apple Coast Indonesia - urban streetwear clothing) Pemenang II  Vania Santoso (Startic AV Peduli -Produk Daur Ulang).

WMM untuk kelompok pascasarjana dan alumni: (Kategori industri Perdagangan dan Jasa) Pemenang I Anita (Royal Garden Family Spa & Reflexologg) Pemenang II Tsummadana Wulan (Miulan Hijab -produksi busana hijab)

(Kategori Boga) Pemenang I Imanuddin (mochilok-jajanan bandung) Pemenang II Indah Pratiwi (Pempek Kentan Indah)

(Kategori Industri Kreatif) Pemenang I Wahyu Adjisetiawan (Evrawood Praja Modatama -Tas Casual Urban) Pemenang II Thoal Fauzi (PT Joso Konsultan Arsitektur) 

Kelompok Mandiri Young Technopreneur (MYT)

(Kategori Teknologi Digital) Pemenang I  Charity Lights API (aplikasi philantrofi dan aktifitas olahraga dikonversi menjadi donasi) Pemenang II Cakra Theraphy Autis (aplikasi yang membantu terapi anak autis)

(Kategori non-Digital)= Pemenang I Mini Boiler untuk UKM (Boiler yang simple dan portabel untuk UKM) Pemenang II Mycotech (material terbarukan dari jamur)

Kelompok Wirausaha Sosial Mandiri (WSM)

Para jawara kelompok ini dianggap memperbaiki ekonomi masyarakat sekitar, pembuatan desa wisata, pengembangan daerah lokalisasi, dan pengembangan-pengembangan daerah-daerah yang punya potensi tinggi untuk menyelesaikan persoalan pada suatu wilayah.

(Kategori industri pariwisata dan kreatif) Pemenang I Nara Kreatif (usaha kreatif pengelolaan limbah organik) Pemenang II Melukis Harapan (pemberdayaan maayarakat eks lokalisasi Dolly - Jarak berbasis wisata edukasi dan kuliner.

(Kategori Pertanian dan Kelautan) Pemenang I Projomino (Asosiasi kelautan dan perikanan) Pemenang II adalah Purwobinangun Salacca (kelompok usaha pengelolahan salak).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia