KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (
JSMR) mencatatkan mencatatkan laba bersih Rp 1,15 triliun pada semester pertama 2023. Laba bersih Jasa Marga naik 56,3% dari Rp 734,7 miliar pada semester I 2022. Melansir keterbukaan informasi, Kamis (24/8), total pendapatan JSMR Rp 8,9 triliun di semester I 2023. Raihan tersebut naik 18,3% jika dibandingkan pada semester I 2022, yaitu Rp 7,5 triliun. Pendapatan tol masih mendominasi pendapatan JSMR di semester I 2023, yaitu 6,13 triliun. Angka tersebut naik 1% dari semester I 2022 yang sebesar Rp 6,07 triliun.
Pendapatan usaha lain JSMR di semester I 2023 sebesar Rp 848,9 miliar dan pendapatan konstruksi sebesar Rp 1,94 triliun.
Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Catat Kenaikan Pendapatan 18,3% di Semester I 2023 Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, sepanjang semester I 2023, JSMR mencatat peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) di jalan tol Jasa Marga Group. “Pada periode Januari-Juni 2023, realisasi LHR di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,23 juta kendaraan setiap harinya, meningkat 6% dibandingkan LHR pada periode yang sama tahun lalu,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (24/8). Hingga semester I 2023, JSMR masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 KM. Angka itu merepresentasikan 49% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.
Baca Juga: Tarif Tol Jagorawi dan Tol Sedyatmo Naik Mulai Hari Ini (20/8), Simak Daftarnya Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh JSMR di semester I 2023 adalah 1.736 KM di seluruh Indonesia. “Jumlah konsesi ini termasuk penambahan konsesi terbaru yang diperoleh Perseroan yaitu Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 KM yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP),” paparnya. Dalam mengelola proyek jalan tol baru yang ditargetkan selesai secara bertahap pada periode 2022-2025, JSMR berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin. “Kami tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol secara bertahap,” tuturnya. Lisye mengatakan, JSMR berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal, salah satunya dalam melayani peningkatan mobilitas masyarakat pada periode Hari Raya Idul Fitri 1444 H lalu.
Baca Juga: Menimbang Saham BUMN Unggulan Komitmen ini ditunjukkan dalam peningkatan kualitas pelayanan operasional yang diberikan oleh Jasa Marga Group kepada pengguna jalan, salah satunya dengan mengembangkan Intelligent Transport System (ITS).
ITS berfungsi mengelola pelayanan lalu lintas jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas melalui super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID). “JID digunakan di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) dan dapat diakses oleh pengguna jalan melalui aplikasi Travoy,” katanya. Menurut Lisye, teknologi ini mendukung Jasa Marga dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat khususnya pada periode arus mudik. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Wahyu T.Rahmawati