Nasi Jagung untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Intip Juga Khasiat Lainnya



MOMSMONEY.ID - Sehat dan bergizi, ini dia khasiat nasi jagung untuk diet menurunkan berat badan Anda!

Siapa yang tak mengenal nasi jagung? Nasi ini cukup populer di Indonesia. Disebut-sebut, nasi satu ini punya banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Salah satunya adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Bagaimana bisa?

MomsMoney akan mengulas khasiat nasi jagung untuk diet menurunkan berat badan dan beberapa khasiat lainnya di sini. Jadi, yuk, simak sampai akhir!


Baca Juga: 11 Rekomendasi Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Ampuh, Mari Coba

Khasiat Nasi Jagung untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Melansir dari Hello Sehat, nasi jagung adalah sumber serat yang baik untuk tubuh. Makanan yang mengandung serat biasanya membuat kita merasa kenyang lebih lama. Ini karena serat tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh.

Saat dicerna, serat larut dalam jagung berubah menjadi semacam gel yang bertahan lebih lama di perut. Ketika kita merasa kenyang lebih lama, kita cenderung makan lebih sedikit karena nafsu makan berkurang. Ini tentu sangat membantu jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Jahat, Sebaiknya Batasi Konsumsinya

Khasiat Nasi Jagung untuk Kesehatan Lainnya

Selain khasiat nasi jagung untuk diet menurunkan berat badan, ada juga beberapa khasiat lainnya. Menyadur dari Dokter Sehat, berikut adalah beberapa khasiatnya:

1. Mencegah Batu Ginjal

Kandungan kalium dalam nasi jagung membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mendukung penyerapan kalsium dan mencegah penumpukan kristal dalam ginjal.

2. Menyokong Fungsi Otak

Nasi jagung mengandung vitamin B1 (tiamin) yang penting untuk menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Kekurangan tiamin bisa meningkatkan risiko masalah neurologis seperti demensia.

Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Salah Satunya Kurang Gerak

3. Sumber Energi

Jagung adalah sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh dan kaya akan nutrisi. Jagung juga rendah kalori, sehingga cocok untuk diet.

Dalam 100 gram nasi jagung, hanya terdapat sekitar 140 kalori, sedangkan nasi putih mengandung 175 kalori untuk takaran yang sama.

4. Membantu Pencernaan

Nasi jagung mengandung serat yang memenuhi sekitar 18,4% kebutuhan harian. Serat ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Selain itu, serat juga membantu merangsang pergerakan usus serta produksi asam lambung dan empedu.

Baca Juga: Apakah Mangga Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

5. Mengontrol Gula Darah

Serat dalam nasi jagung membantu tubuh melepaskan glukosa secara bertahap, sehingga gula darah tidak naik drastis setelah makan. Hal ini membuat nasi jagung aman bagi penderita diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jagung secara teratur bisa membantu mengontrol gula darah, asalkan disertai dengan pengaturan asupan makanan lainnya.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nasi jagung mengandung beta-karoten yang kaya akan vitamin A, yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin A melindungi organ seperti paru-paru, usus, dan mata dari bakteri dan infeksi, serta membantu sel darah putih melawan patogen dalam darah.

Baca Juga: Pilihan Terbaik Minyak Goreng untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Cek di Sini

7. Mencegah Penyakit Jantung

Nasi jagung mengandung lemak sehat dan zat antiaterogenik yang membantu menurunkan kolesterol, mencegah penyumbatan arteri, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium dalam nasi jagung penting untuk menjaga kesehatan tulang, membantu pertumbuhan tulang normal, dan meningkatkan kekuatannya.

Baca Juga: Buah yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat, Apa Saja?

9. Mencegah Anemia

Nasi jagung tinggi kandungan zat besi dan folat yang membantu mencegah anemia dengan cara meningkatkan produksi sel darah merah dan memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin pada nasi jagung berfungsi menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata seperti katarak.

Baca Juga: Hati-Hati! Catat Daftar Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

11. Menjaga Fungsi Ginjal

Fosfor dalam nasi jagung penting untuk menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat. Mineral ini juga berperan dalam pembentukan tulang dan gigi serta mendukung fungsi otot dan saraf.

12. Mengurangi Risiko Kanker Usus

Serat dalam nasi jagung membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Nasi jagung juga kaya akan asam fenolat, terutama senyawa ferulic, yang terbukti membantu melawan kanker hati dan payudara.

Kandungan antosianin dalam nasi jagung juga berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Kangkung? Ini Jawabannya

Demikianlah ulasan lengkap terkait khasiat nasi jagung untuk diet menurunkan berat badan dan beberapa khasiat lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Harga Emas Spot Turun dari Rekor Tertinggi ke US$2.635,58 Selasa (1/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas