Negara Mana yang Bakal Menjadi Tuan Rumah KTT G20 2024?



KONTAN.CO.ID - RIO DE JANEIRO. Perekonomian terbesar dunia yang tergabung dalam Kelompok 20 atau G20 akan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kepala negara atau pemerintahan tahunan mereka tahun depan di Rio de Janeiro. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur negara bagian Claudio Castro.

Melansir Reuters, Brasil akan mengambil alih jabatan presiden bergilir G20 dari India pada 1 Desember 2023 mendatang.

"Ini sudah resmi," jelas Castro dalam pengumuman yang disampaikan lewat postingan Twitter pada Senin malam.


Menurut seorang pejabat pemerintah Brasil, pertemuan kekuatan ekonomi akan berlangsung pada 18 dan 19 November. Ini akan menjadi acara terbesar di Rio sejak kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2016 dan final sepak bola Piala Dunia pada 2014.

G20 mewakili sekitar 85% PDB global, lebih dari 75% perdagangan global, dan sekitar dua pertiga populasi dunia.

Baca Juga: Siapkan KTT ASEAN 2023, Sejumlah MenteriI Tinjau Kawasan MICE di Golo Mori, NTT

G20 dimulai dua dekade lalu untuk memasukkan negara-negara berkembang yang penting dalam diskusi yang terbatas pada ekonomi industri Kelompok Tujuh.

Setelah krisis keuangan tahun 2007–2008, G20 mendeklarasikan dirinya sebagai tempat utama untuk kerja sama ekonomi dan keuangan internasional, mengadakan pertemuan puncak menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

Grup ini dibentuk oleh Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie