Negara-Negara G7 Pertimbangkan Larangan Total Ekspor ke Rusia



KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Negara-negara anggota G7 sedang mempertimbangkan untuk melarang hampir seluruh ekspor ke Rusia, menurut laporan dari kantor berita Kyodo yang mengutip sumber-sumber pemerintah Jepang pada hari Jumat. 

Pada hari Kamis, laporan dari Bloomberg juga menyebutkan bahwa sekutu Amerika Serikat dan Ukraina sedang mempertimbangkan larangan langsung terhadap sebagian besar ekspor ke Rusia. 

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa para pejabat dari negara-negara G7 sedang membahas gagasan tersebut sebelum pertemuan puncak di Jepang bulan depan.


Baca Juga: Kelompok G7 Berjanji Tingkatkan Langkah Menuju Energi Terbarukan dan Nol Karbon

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno, ketika dimintai tanggapan mengenai laporan Bloomberg tersebut, mengatakan bahwa pemerintah Jepang mengetahuinya tetapi menahan diri untuk berkomentar mengenai pertukaran gagasan antara negara-negara G7 dan negara-negara yang memiliki pandangan serupa terkait kemungkinan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia.

Ia menekankan bahwa yang paling penting saat ini adalah untuk mengakhiri agresi Rusia secepat mungkin, dan G7 harus tetap bersatu dalam memberlakukan sanksi yang keras terhadap Rusia dan memberikan dukungan yang kuat untuk Ukraina.

Editor: Noverius Laoli