Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi Lebih Sehat



KONTAN.CO.ID - Nestle Indonesia melaksanakan penandatangan kerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) di kantor pusat Nestle Indonesia hari ini. Penandatanganan kerja sama ini merupakan bukti dari komitmen Nestle Indonesia untuk aktif menjaga kesehatan dan keafiatan konsumen. FOI merupakan organisasi sosial yang berperan memberikan akses pangan bagi masyarakat yang membutuhkan. Mempunyai visi yang sama dalam mewujudkan generasi yang lebih sehat, Nestle memperbarui perjanjian kerja samanya dengan FOI melalui program donasi pangan “Dapur Mustikarasa” mulai tahun 2024.

“Selama lebih dari 50 tahun berdiri di Indonesia, Nestle berkomitmen untuk menciptakan manfaat bersama bagi individu dan keluarga, masyarakat, dan bumi. Melalui Nestle Cares, kami bekerja sama dengan pihak internal maupun eksternal untuk membawa manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Salah satu mitra kami adalah FOI.

Sejak 2020, kami bangga dapat berkontribusi dalam memberikan akses pangan melalui kerja sama bersama FOI kepada masyarakat Indonesia di berbagai wilayah. Kontribusi ini sejalan dengan nilai yang dimiliki Nestle, yaitu Creating Shared Value (CSV). Melalui CSV, Nestle turut berkomitmen untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat melalui produk-produk berkualitas tinggi, inovasi, dan program-program tanggung jawab sosial yang berkelanjutan.” kata Presiden Direktur Nestle Indonesia, Samer Chedid.


Program "Dapur Mustikarasa" FOI adalah kegiatan sarapan pagi yang diselenggarakan di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau sekolah dasar, melalui gerakan sarapan sehat yang mendorong para guru dan orangtua untuk menyediakan dan memperkenalkan makanan sehat kepada anak-anak. Tujuan utama dari program ini adalah untuk menciptakan generasi yang lebih sehat dan tangguh untuk masa depan.

Program sarapan sehat ini akan dilaksanakan dua kali seminggu selama enam bulan dan menargetkan 100 sekolah. Nestlé Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun jumlah produk yang didonasikan yaitu lebih dari 48.000 produk, berupa: susu DANCOW FortiGro, susu steril BEAR BRAND, minuman cokelat MILO UHT, dan berbagai varian sereal sarapan KOKO KRUNCH.

Survei FOI pada 2022 mengungkap bahwa 27 persen anak berangkat ke sekolah dengan perut kosong, bahkan angka tersebut mencapai 40-50 persen di daerah padat perkotaan. Oleh karena itu FOI memiliki fokus utama untuk membuka akses pangan bagi anak-anak sekolah.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada Nestle Indonesia yang sejak 2020 telah menjadi mitra strategis kami dalam mewujudkan berkomitmen untuk mengatasi ketimpangan pangan di masyarakat. Dengan komitmen ini, FOI dan Nestle turut mendukung Indonesia dalam mencapai kedaulatan pangan sebagaimana ditargetkan oleh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2, yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai keamanan pangan, meningkatkan gizi dan mempromosikan pertanian berkelanjutan. Kami selalu berfungsi sebagai jembatan antara mereka yang memiliki kelebihan makanan dan mereka yang membutuhkannya. Kami berharap FOI dan Nestlé terus menjadi mitra strategis untuk selalu dapat memberikan gizi yang terbaik bagi anak-anak hingga masa mendatang,” tutur Pendiri FOI, Wida Septarina Wijayanti.     Samer menutup, "Di Nestle, kami percaya bahwa akses terhadap pangan yang sehat dan bergizi adalah hak dasar setiap individu. Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Foodbank untuk menjangkau lebih banyak lagi masyarakat, terlebih anak-anak Indonesia, yang membutuhkan asupan pangan berkualitas baik dan bergizi.”

Tentang Nestle Indonesia

Nestle Indonesia adalah anak perusahaan Nestle S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestlé telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 188 negara dengan lebih dari 2.000 merek yang memiliki tujuan untuk menggunakan potensi makanan guna meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang.

Nestle Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.294 karyawan. Nestle Indonesia memiliki empat pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFE, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain.

Pada 2021, Nestle Indonesia melakukan investasi senilai USD 220 juta untuk pembangunan pabrik keempatnya, Bandaraya, di Jawa Tengah. Sedangkan pada 2019, Nestle Indonesia juga melakukan investasi senilai USD 100 juta untuk perluasan kapasitas tiga pabriknya.

Sejak 52 tahun lalu hingga sekarang, Nestle Indonesia berkomitmen untuk terus menciptakan manfaat bersama bagi peternak sapi perah, petani kopi, mitra bisnis, pelanggan, konsumen, dan masyarakat Indonesia!   

Baca Juga: Nestle Indonesia dan Koinpack by Alner Luncurkan Studi Kemasan Guna Ulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti