Ngebut di pasar sempit



Awal tahun ini pilihan bagi para penggemar sedan sport bertambah lagi. Pendatang paling baru adalah Mazda RX-8 Spirit R yang resmi meluncur di pasar Indonesia pekan lalu (15/2). Tunggangan dua pintu empat seat ini merupakan seri terbaru sedan sport keluaran Mazda sebelumnya, yakni Mazda RX-8.

Peluncuran seri terbaru sedan sport Mazda ini akan membuat pasar mobil sport bertambah semarak. Walau begitu, karena terbilang sedan premium, Mazda Motor Indonesia (MMI) hanya memasang target penjualan sedan seharga Rp 682 juta ini sebanyak lima unit per bulan alias setara dengan 60 unit selama satu tahun.

Meski terkesan sedikit, target penjualan seri terbaru ini sebenarnya jauh lebih banyak dari penjualan seri RX-8 selama 2011 yang hanya sebanyak 36 unit. "Para penggemar sport car akan menggunakan kesempatan peluncuran Mazda RX-8 Spirit R untuk mengoleksi sport car dari Mazda," kata Astrid Ariyani, Marketing Manager MMI, optimistis. Terbukti, sejak meluncur pekan lalu, Mazda mengklaim telah menerima pesanan sebanyak tujuh unit, atawa melebihi target bulan ini.


Mazda Indonesia menyadari pasar sedan sport di negeri ini memiliki segmen khusus yang tidak terlalu besar. Dengan target penjualan sebanyak lima unit per bulan, Mazda merasa sudah bisa mendominasi pasar sedan sport di sini. Selain itu, target tersebut dianggap masih realistis. Oh, iya, khusus di pasar Indonesia, Mazda hanya memasarkan Mazda RX-8 Spirit R transmisi otomatis enam percepatan.

Soal jeroan, mesin seri terbaru ini persis sama dengan si saudara tua RX-8 yang diperkenalkan ke pasar pada tahun 2008 lalu. Perubahan lebih banyak terjadi penampilan eksterior dan interior.

RX-8 Spirit R akan diimpor dalam bentuk utuh alias completely built up, langsung dari negeri Sakura, Jepang. Berbeda dengan sport car lain, RX-8 Spirit R ini memakai teknologi rotary engine yang hanya dimiliki Mazda.

Pilihan lain

Kalau Anda sedang mencari-cari alternatif, pilihan lain bagi penggila sedan sport dua pintu berada di segmen menengah, yaitu Peugeot RCZ. Mengingat spesies sedan sport cukup jarang, boleh kita bilang sedan coupe keluaran Peugeot ini juga masih "baru" walau sudah meluncur di jalanan Indonesia sejak pertengahan tahun 2011 lalu, lewet ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011.

Chief Executive Astra International Peugeot, Constantinus Herlijoso, mengatakan, sedan ini memperoleh tanggapan cukup bagus dari masyarakat. Sayang, sepanjang satu semester terakhir 2011 lalu, penjualan Peugeot RCZ baru mencapai 12 unit. Penjualan belum maksimal karena ada kendala pengiriman mobil dari negeri asalnya.

Tahun ini Constantinus menargetkan Peugeot RCZ terjual 50 unit. Penetapan target ini bukan tanpa alasan. Asal Anda tahu, hingga kini outstanding order alias jumlah pesanan inden Peugeot RCZ telah mencapai 40 unit, sebagian bawaan pesanan 2011 lalu.

Constantinus mengakui, seharusnya perusahaannya melakukan revisi target penjualan Peugeot RCZ. Maklum, pemain di pasar sedan sport dua pintu kelas menengah masih sedikit dan pasarnya sempit. Namun, Constantinus masih cukup optimis. "Kami berusaha mencuri pasar dari pasar sedan coupe premium yang selama ini dikuasai merek premium," ujar Constantinus.

So, Anda akan ngebut memakai sedang sport yang mana? Breemm!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari