MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Nielsen Indonesia mengatakan masa ramadan selalu mendorong kepermisaan televisi khususnya saat sahur, menjelang berbuka dan setelah solat tarawih. Meski begitu, Nielsen juga mencatat adanya penurunan angka TV Rating (TVR) di tahun 2021 dibandingkan dengan masa ramadan sebelum pandemi. Nielsen menyebut, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah konsumsi media digital yang sangat terakelerasi sejak pandemi. Berdasarkan Survei Nielsen Consumer and Media View di 11 kota besar, ditunjukkan adanya peningkatan konsumsi dan waktu menggunakan media digital selama masa ramadan tahun 2021 dibanding dengan 2019, yang masing-masing naik sebesar 24% dan 35%. Menurut Nielsen, konsumen mencari sumber hiburan baru di digital selama masa Ramadan, terlihat dari aktivitas yang dilakukan.
Nielsen: Konsumsi dan Waktu Menggunakan Media Digital di Ramadan 2021 Meningkat
MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Nielsen Indonesia mengatakan masa ramadan selalu mendorong kepermisaan televisi khususnya saat sahur, menjelang berbuka dan setelah solat tarawih. Meski begitu, Nielsen juga mencatat adanya penurunan angka TV Rating (TVR) di tahun 2021 dibandingkan dengan masa ramadan sebelum pandemi. Nielsen menyebut, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah konsumsi media digital yang sangat terakelerasi sejak pandemi. Berdasarkan Survei Nielsen Consumer and Media View di 11 kota besar, ditunjukkan adanya peningkatan konsumsi dan waktu menggunakan media digital selama masa ramadan tahun 2021 dibanding dengan 2019, yang masing-masing naik sebesar 24% dan 35%. Menurut Nielsen, konsumen mencari sumber hiburan baru di digital selama masa Ramadan, terlihat dari aktivitas yang dilakukan.