KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei yang dilakukan oleh The Nielsen Company Indonesia (Nielsen) menyatakan bahwa ada penurunan daya beli masyarakat kelas menengah dan bawah. Hal ini terlihat dari hingga September tahun ini, sektor fast moving consumer good (FMCG) mengalami perlambatan pertumbuhan dimana growth hanya mencapai 2.7% sedangkan rata-rata pertumbuhan normal tahunan mencapai 11%. Perlambatan ini disebabkan oleh mid low class sebagai pemegang porsi yang besar mengalami perlambatan karena menurunnya THP, kenaikan harga utility sehingga berdampak pada pengurangan konsumsi, menahan pembelian impulsif produk dan downsizing.
Nielsen: Ada penurunan daya beli kelas menengah
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei yang dilakukan oleh The Nielsen Company Indonesia (Nielsen) menyatakan bahwa ada penurunan daya beli masyarakat kelas menengah dan bawah. Hal ini terlihat dari hingga September tahun ini, sektor fast moving consumer good (FMCG) mengalami perlambatan pertumbuhan dimana growth hanya mencapai 2.7% sedangkan rata-rata pertumbuhan normal tahunan mencapai 11%. Perlambatan ini disebabkan oleh mid low class sebagai pemegang porsi yang besar mengalami perlambatan karena menurunnya THP, kenaikan harga utility sehingga berdampak pada pengurangan konsumsi, menahan pembelian impulsif produk dan downsizing.