JAKARTA. Kategori iklan rokok kretek di media selama semester I tahun 2013 mengalami kenaikan 53% menjadi Rp 1,68 triliun. Nilai iklan rokok kretek ini lebih besar dari belanja iklan produk kopi dan teh, produk kecantikan, kendaraan pribadi, iklan makanan ringan atau iklan minuman kesehatan. Riset dari Nielsen yang diterima KONTAN, Kamis (1/8) menyebutkan, nilai iklan rokok kretek itu berada di posisi lima besar. Sementara itu, kategori yang banyak mengalokasikan dana untuk belanja iklan di semester I tahun ini adalah; pemerintah dan partai politik. Berikut rincian belanja iklan berdasarkan kategori:
- Pemerintah dan partai politik (Rp 2,72 triliun)
- produk komunikasi dan layanan (Rp 2,3 triliun)
- produk perawatan rambut (Rp 2,2 triliun)
- Iklan korporat dan layanan sosial (Rp 2,1 triliun)
- Rokok kretek (Rp1,68 triliun)
- Kopi dan teh (Rp 1,62 triliun)
- Produk kecantikan (Rp 1,55 triliun)
- Kendaraan pribadi (Rp 1,49 triliun
- Makanan ringan dan roti (Rp 1,35 triliun)
- Minuman kesehatan (Rp 1,2 triliun)