Nilai kapitalisasi pasar saham Apple mencapai Rp 29.400 triliun!



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Hanya selang dua tahun setelah Apple menjadi perusahaan publik AS pertama dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 1 triliun, kini nilai produsen iPhone itu telah mencapai US$ 2 triliun atau setara dengan Rp 29.400 triliun (kurs Rp 14.700).

Melansir Reuters, harga saham perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, itu sempat naik hingga US$ 468,65 pada hari Rabu (19/8/2020), setara dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 2,004 triliun. Saham Apple naik 1,2% menjadi US$ 467,62, sehingga nilai kapitalisasi pasar Apple mencapai US$ 1,999 triliun.

Baca Juga: Perusahaan AS khawatir instruksi Trump atas WeChat berefek buruk bagi bisnis

Didukung oleh taruhan pada kesuksesan jangka panjang oleh perusahaan teknologi terbesar negara itu pasca-virus corona, saham Apple telah melonjak sejak Juli sehingga mendorong Apple mengungguli Saudi Aramco sebagai perusahaan terdaftar paling berharga di dunia. Di sepanjang 2020, saham Apple sudah mencatatkan kenaikan sekitar 57%.

Reli tersebut mencerminkan kepercayaan investor yang tumbuh meski Apple melakukan pergeseran bisnis ke arah yang tidak terlalu mengandalkan penjualan iPhone dan lebih banyak fokus pada layanan untuk penggunanya, termasuk video, musik, dan game.

Baca Juga: Huawei naik ke posisi 49 jajaran Fortune Global 500 tahun 2020

Data yang dihimpun Reuters menunjukkan, Apple sekarang menyumbang hampir 7% dari total nilai kapitalisasi pasar S&P 500. Jika dibandingkan, kapitalisasi pasar Apple hampir sama dengan nilai gabungan dari 200 perusahaan terkecil S&P 500.

Namun, menurut metrik yang banyak digunakan analis, reli saham Apple baru-baru ini dinilai sudah terlalu tinggi. Menurut Refinitiv, saham Apple diperdagangkan pada lebih dari 30 kali pendapatan yang diprediksi analis, level tertinggi dalam lebih dari satu dekade.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie