Nilai tukar rupiah menguat tipis Jumat ini



JAKARTA. Nilai tukar rupiah menguat tipis pada Jumat ini. Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia menunjukan, kurs rupiah terhadap dollar AS berada pada level Rp 12.613 per dollar AS. 

Nilai tukar rupiah pada Jumat tersebut menguat 0,31% dibandingkan kurs rupiah pada Kamis yang ada di angka Rp 12.653 per dollar AS. 

Sementara di pasar spot, data Bloomberg menunjukkan, kurs rupiah terlihat juga menguat 0,11%. Jika pada perdagangan Kamis (5/2), kurs dollar terhadap rupiah (US$/IDR) sebesar Rp 12.635 per dollar AS menjadi Rp 12.620 per dollar AS.   


Rully Arya Wisnubroto, analis pasar uang Bank Mandiri, menilai, salah satu yang mampu menahan pelemahan rupiah adalah pertumbuhan PDB Indonesia di kuartal empat 2014 yang positif. Tapi hal itu tak cukup membendung gejolak di pasar global. “Keputusan ECB menambah kecemasan keluarnya Yunani dari Uni Eropa,” katanya.

Sementara itu Ariston Tjendra, Head of Research and Analyst Monex Investindo Futures, menilai, para pelaku pasar banyak meninggalkan pasar-pasar yang berisiko, termasuk emerging market seperti Indonesia. Di jangka pendek, kurs rupiah diprediksi bergerak sideways dengan kecendrungan melemah tipis.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa