KONTAN.CO.ID - Peringati Hari Gizi Nasional 2024, Ninja Xpress dukung para pelaku UKM di bidang Food & Beverage (F&B) dalam mengirimkan produk makanan bergizi melalui penyediaan layanan pengiriman same day delivery yang dapat mengirimkan produk makanan sehat dalam sehari dan menghadirkan pilihan pengiriman yang cepat dengan biaya pengiriman yang kompetitif. Hari Gizi Nasional merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan. Menurut hasil survei Herbalife Nutrition, 92% konsumen di Indonesia mengatakan bahwa pasca pandemi Covid-19, mereka mulai mengkonsumsi makanan yang lebih sehat atau bergizi. Selain itu, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya makanan sehat dan bergizi semakin yang semakin tinggi, bisnis pengiriman makanan juga mengalami pertumbuhan yang signifikan secara global dalam beberapa tahun terakhir.
Berdasarkan data Statista per Desember 2023, proyeksi pendapatan global dari bisnis pengiriman makanan diperkirakan mencapai lebih dari $20 miliar pada tahun 2025, dengan proyeksi meningkat menjadi $25 miliar pada tahun 2027. Pertumbuhan ini mencapai lebih dari 19% per tahun sejak tahun 2020. Data tersebut juga didukung oleh hasil survei Suara UKM Negeri 3 yang menunjukkan bahwa lebih dari 70% e-shopaholic menghabiskan waktu belanja mereka pada beberapa kategori produk, salah satunya adalah Fresh Food & Beverage. Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress menjelaskan, "Sebagai perusahaan logistik, Ninja Xpress tidak hanya fokus dalam mendukung para pelaku UKM dalam mengirimkan barang mereka sampai tujuan, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap terpenuhinya gizi seimbang bagi generasi muda Indonesia, sehingga kami terus berinovasi dan berkomitmen dalam menyediakan layanan distribusi makanan sehat dan bergizi melalui penyediaan layanan same day delivery untuk mengirimkan beberapa contoh makanan sehat dan bergizi seperti sayuran organik, daging, susu dan produk olahannya, sampai dengan buah-buahan ke berbagai kota di Indonesia.” Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM dalam menyediakan dan mendistribusikan produk makanan sehat dan bergizi bagi para konsumen. Bobby Agus, Manager Greenville Farm yang merupakan merupakan salah satu shipper Ninja Xpress yang melakukan terobosan dengan berinovasi secara mandiri mengubah ide bisnis dari semula bergerak di bidang penyediaan sport center ke bidang pertanian sayur hidroponik menyampaikan bahwa “Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM dalam menjual produk makanan sehat mereka kepada publik adalah pengiriman produk makanan yang terbatas. Dalam konteks pengiriman makanan, Greenville Farm mengalami kesulitan mengirimkan produk ke kota lain karena jarak dan keterbatasan akses transportasi, sedangkan banyak platform pengiriman makanan juga belum mampu menangani pengiriman antar kota dengan jarak yang signifikan dalam waktu yang efisien.” Himari Snack yang menjual snack buah kering dengan menerapkan konsep 100% buah lokal dalam produknya menjelaskan bahwa tingginya biaya pengiriman merupakan salah satu tantangan utama bagi para pelaku UKM. Founder Himari Snack, Septriana Lestari menyampaikan bahwa “Biaya pengiriman produk makanan sehat jelas dipengaruhi oleh jangkauan jarak pengiriman, sedangkan beberapa platform menghitung biaya berdasarkan kilometer (KM). Hal ini tentu menjadi tantangan bagi kami para pelaku UKM dan konsumen yang berkeinginan mengirimkan produk makanan ke lokasi yang jauh atau bahkan keluar kota karena biaya pengiriman yang cukup tinggi”. Selain itu, Aldila HIsyam Hasanudin yang merupakan pemilik dari Kedai Susu Segar Sarjana yang merupakan bisnis yang menyediakan susu segar dan Rian Arga Putra pemilik bisnis Herpil Official yang merupakan bisnis penyedia madu sehat dan alami juga menekankan bahwa tantangan utama dalam pengiriman produk makanan adalah menjaga agar makanan yang dikirimkan tetap fresh dan layak untuk dikonsumi sampai tujuan, sehingga para UKM di bidang F&B membutuhkan layanan pengiriman logistik yang dapat memberikan jaminan keamanan dan juga menjaga kualitas pengiriman hingga sampai pada konsumen. Melihat ketiga tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM di bidang logistik, Ninja Xpress dengan layanan same day delivery menyediakan fasilitas pengiriman makanan sehat dengan jangkauan pengiriman yang lebih luas sampai luar kota dengan biaya pengiriman yang kompetitif dan juga jaminan keamanan pengiriman makanan agar tetap segar sampai tujuan. Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress menambahkan “Jika dibandingkan dengan platform pengiriman yang mengukur biaya pengiriman berdasarkan jarak Kilometer, layanan same day delivery Ninja Xpress dapat mendukung pengiriman makanan dalam waktu satu hari dengan harga yang lebih terjangkau” Untuk mendukung ketepatan waktu pengiriman, Ninja Xpress juga berkomitmen untuk tetap menjaga SLA (Service Level Agreement) Ninja Xpress di angka 98%, sehingga para konsumen dapat tetap menikmati produk makanan melalui layanan same day delivery Ninja Xpress secara tepat waktu. Tentang Ninja Xpress
Ninja Xpress adalah perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress memberikan pilihan layanan regular, same day, hingga COD ke 100% Wilayah Indonesia. Layanan pengiriman ini juga didukung dengan layanan konsumen yang profesional melalui Respons Cepat dan Resolusi Tepat. Ninja Xpress juga selalu #SiapBantuSampaiTujuan mengantarkan sukses bagi pelaku UKM lokal dengan menghadirkan berbagai program yang siap mendukung perkembangan bisnis UKM lebih cepat dan strategis melalui Ninja Xpress seller booster yang terdiri dari Point Rewards, Creative Hub, KOL, Ninja Direct, hingga Ninja Fulfillment.
Baca Juga: Peringati Hari Ibu, Tim Ninja Xpress Berbagi Cerita Pengalamannya Bekerja & Jadi Ibu Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti