KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi mencatatkan peningkatan pengiriman lebih dari 30% pada periode Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada hari biasa. Selain itu, selama Ramadan layanan Ninja Xpress Seller Booster yang terdiri dari Creative Business Solutions juga mendukung UKM melalui
live selling, endorsement, serta foto dan video produk di Creative Hub. Layanan ini dipercaya dapat membantu pelaku UKM meningkatkan penjualan mereka selama Ramadan tahun ini. Andi Djoewarsa,
Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengatakan, seiring dengan terus meningkatnya akselerasi transformasi digital, pelaku UKM atau Shipper Ninja Xpress mempercayakan inovasi pemasaran bisnisnya kepada Ninja Xpress melalui layanan Ninja Xpress Seller Booster. Layanan ini hadir untuk membantu shipper mengembangkan bisnis mereka dengan memberikan solusi pemasaran.
Sebagai perusahaan jasa pengiriman, Ninja Xpress mencatatkan peningkatan jumlah pengiriman dibandingkan hari biasa. Ninja Xpress pun mengapresiasi para driver yang telah bekerja tanpa lelah selama periode ini untuk memastikan semua paket diterima tepat waktu. "Selain itu, selama Ramadan hingga Idul fitri lalu
customer service kami tetap beroperasi penuh untuk memberikan respon cepat dan resolusi tepat bagi setiap kebutuhan shipper," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (15/5).
Baca Juga: Ninja Xpress Gaet Trigana Air untuk Pengiriman Paket Lintas Pulau Berdasarkan catatan Ninja Xpress, lebih dari 90% paket yang dikirimkan oleh Ninja Xpress pada periode Ramadan 2023 merupakan paket yang berukuran kecil yakni maksimal 20x11x7cm yang didominasi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata, sepatu dan lain-lain. Kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20) yang dikirim Ninja Xpress mengalami peningkatan lebih dari 10% selama Ramadan tahun ini. Selama Ramadan 2023, UKM/shipper Ninja Xpress dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi daerah pengiriman terbanyak. Sementara itu, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi daerah tujuan pengiriman terbanyak selama Ramadan 2023. Ninja Xpress memastikan, layanan Ninja Xpress Seller Booster siap membantu shipper menjalankan operasional bisnis dari awal hingga akhir (
end-to-end solution), sehingga mereka bisa lebih mengefisienkan biaya sekaligus membantu untuk naik kelas. Shipper bisa memanfaatkan layanan ini untuk membantu mengadopsi tren penjualan terkini, seperti live selling, endorsement, hingga membuat foto dan video produk secara profesional untuk meningkatkan penjualan. Gita, Marketplace Specialist PT Ethix Distribusi Nusantara, yang menjadi salah satu shipper Ninja Xpress, mengatakan bahwa layanan Ninja Xpress Seller Booster, khususnya live selling membantu menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi selama proses live selling berlangsung.
Baca Juga: Modalku Gaet Ninja Xpress untuk Salurkan Pendanaan UMKM di Ekosistem Ninja Direct Dia menyebut, terdapat dua produk herbal yang menggunakan layanan live selling dari Ninja Xpress, yaitu Freshmag dan Etawalin. Ia memilih menggunakan layanan live selling Ninja Xpress yang menyediakan alat-alat yang lengkap, host yang profesional, hingga studio yang real dan bukan
green screen, sehingga hasilnya lebih bagus dan memuaskan. "Bahkan, perbandingan penjualannya mencapai 10:80 persen, dibandingkan saat live selling menggunakan vendor sebelumnya," imbuh Gita. Shipper lainnya, Mafa Co dan Ghazmart yang merupakan shipper Ninja Xpress yang menggunakan fasilitas foto produk dan endorsement dari Ninja Xpress untuk meningkatkan penjualan juga mengalami peningkatan pemesanan produk yang signifikan selama Ramadan. Yadi, Owner Mafa Co mengaku, pihaknya menggunakan foto dan video produk di Creative Hub Ninja Xpress untuk konten iklan di Facebook Ads. Hasilnya, ada perubahan dari segi CTR (rasio klik-tayang) lebih bagus dan konversi penjualan yang meningkat.
"Bahkan selama Ramadan, penjualan produk naik drastis minimal 100-200 pengiriman dibandingkan dengan hari biasanya yang hanya 100 pengiriman," kata dia. Owner Ghazmart Faza Triawan juga menilai, layanan
endorsement dari Ninja Xpress membantu untuk meningkatkan branding dan penjualan produk mereka. Penjualan produk Ghazmart diklaim meningkat setiap bulan. Salah faktornya karena menggunakan
endorsement dari Ninja Xpress. "Melalui
endorsement, produk kami semakin dikenal dan kami bisa mempunyai konten dengan influencer terkenal yang dapat digunakan untuk iklan di media sosial," tandas Faza. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari