Nirvana Gencar Bangun Superblok



JAKARTA. PT Nirvana Development Tbk akan melanjutkan sejumlah superblok tahun ini. Demi memuluskan rencananya tersebut, emiten dengan kode saham NIRO ini menyiapkan dana ekspansi senilai Rp 130 miliar.

Frederick Rompas, Direktur Nirvana Development, merinci, sebesar 20% dana itu akan digunakan untuk proyek Cirebon Superblok, 30% untuk proyek The Park Solo, dan 30% untuk proyek superblok Borneo City. Sedangkan 20% sisanya akan digunakan untuk proyek di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Selain itu, NIRO akan melanjutkan pengembangan Cirebon Superblok. Perusahaan properti ini telah menyelesaikan ruko dan mal di proyek tersebut. Kini, NIRO membangun Swiss-Belhotel yang terdiri dari 183 kamar.


Manajemen Nirvana menargetkan, hotel setinggi lima lantai yang berdiri di atas mal tersebut akan rampung pada Juli 2013. Proyek lain yang ditargetkan rampung di Juli 2013 adalah The Park Solo.

Tahap pertama di proyek superblok ini, NIRO membangun mal seluas 49.000 meter persegi (m²). "Sudah ada beberapa penyewa, yang paling besar adalah Lottemart," kata Frederick kepada KONTAN, Jumat (7/6).

NIRO juga memiliki proyek superblok di luar Pulau Jawa. Frederick menyatakan, pihaknya sedang mempersiapkan pembangunan mal di proyek superblok ketiga, yaitu Borneo City di Sampit, Kalimantan Tengah.

Proyek pusat perbelanjaan ini merupakan bangunan pertama yang digarap di proyek tersebut. Mal ini berdiri di atas tanah seluas 21.000 m². Targetnya, mal ini sudah kelar dan beroperasi pada 2014 mendatang.

Proyek NIRO di Kalimantan lainnya adalah mal di Pangkalan Bun. NIRO sudah mulai mengembangkan mal ini sejak April 2013 lalu. Luas lahan yang digunakan sebesar 11.000 m². Harapannya, mal ini sudah bisa beroperasi akhir 2013. "Tenan terbesar adalah Matahari dan Hypermart," tambah Frederick.

Hingga Maret 2013, pendapatan NIRO naik 105,4% year-on-year (yoy) menjadi Rp 56,7 miliar. Sedangkan laba bersih di tiga bulan pertama tahun 2013 sekitar Rp 27,51 miliar. Angka ini melonjak 155,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amailia Putri