Nissan jual Datsun seharga Rp 66 juta



TOKYO. Setelah tenggelam selama 30 tahun lamanya, Nissan Motor akhirnya meluncurkan kembali merek Datsun di India. Perusahaan itu meluncurkan Datsun dengan tipe hatchback hari Senin lalu, di Gurgaon, dekat New Delhi.

Para produsen mobil Jepang itu berencana mulai menjual murah mobil bernama Runabout tahun depan. Nissan mengatakan, kendaraan Datsun Runabout itu akan dijual di Indonesia, Rusia dan Afrika Selatan.

Untuk merakit mobil itu, Nissan akan menggunakan tenaga kerja lokal. Soal harganya, Nissan akan menjual mobil itu di harga kurang dari US$ 6.600, jika dirupiahkan dengan kurs Rp 10.000, maka harga mobil itu dibanderol sekitar Rp 66 juta.


Keputusan Nissan untuk menjual mobil Datsun itu dilakukan untuk menghadapi kompetisi dari rival, yakni KIA dari Korea Selatan Suzuki dari Jepang.

Presiden dan CEO Nissan Carlos Ghosn mengatakan, ia berharap Datsun akan membantu perusahaan memenangkan posisi kunci di pasar mobil India. India diperkirakan akan menjadi pasar terbesar ketiga di dunia untuk penjualan mobil baru pada tahun 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri