Nojorono Kudus Raih Outstanding Achievement in CSR di Ajang SPEx2 Award 2024



KONTAN.CO.ID - Nojorono Kudus raih penghargaan Outstanding Achievement in Corporate Social Responsibility di ajang Strategy into Performance Execution Excellence (SPEx2®) 2024. Penghargaan yang digagas oleh Kontan & GML Consulting tersebut, diberikan secara langsung pada hari Rabu, 31 Juli 2024, dan dihadiri oleh para pemenang terpilih dari berbagai perusahaan terkemuka.

Kompetisi ini merupakan sebuah bentuk apresiasi kepada korporasi dari lintas sektor yang menerapkan kaidah keberlanjutan dengan tepat sasaran dan kontinuitas, sekaligus kesadaran perusahaan akan pentingnya eksekusi yang terstruktur.

Sekitar 1500 perusahaan mendapat undangan kesempatan mengikuti kompetisi dan, setelah melalui proses panjang penjurian yang panelisnya merupakan akademisi, praktisi dan pakar ahli, Nojorono Kudus menjadi salah satu dari ratusan perusahaan yang diyakini mampu menerapkan kajian strategis dalam sustainability business strategy.


Tak luput, komitmen keberlanjutan diwujudkan dalam ragam kemasan program yang berfokus pada pengelolaan limbah hasil dari konsekuensi bisnis, dan resiliensi heritage Kudus sebagai akar budaya yang perlu dipertahankan. Aksi nyata proyek besutan Nojorono Kudus, turut melibatkan kolaborasi bersama pemerintah, UMKM dan komunitas yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan komitmen keberlanjutan Nojorono Kudus, yang diterapkan lebih dari sembilan dekade.   Penghargaan Outstanding Achievement in Corporate Social Responsibility dalam ajang SPEx2® Award 2024 ini, secara langsung diberikan oleh Kontan Media dan GML Consulting.

“Ajang ini digelar untuk memberikan apresiasi pada perusahaan yang menerapkan strategi holistik dengan baik dan terstruktur, untuk mencapai keberlanjutan dalam perusahaan. Sehingga perusahaan tak hanya menghasilkan impact berupa profit, tetapi juga bermanfaat untuk people dan planet,” ungkap Candra Wardana selaku Managing Director Kontan Media.   Eliza Susanto selaku Corporate Communication Head PT Nojorono Tobacco International, dalam kesempatannya menerima penghargaan tersebut menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan oleh penyelenggara dan dewan juri, “Mewakili Nojorono Kudus, kami haturkan terima kasih untuk penghargaan yang diberikan oleh dewan juri dan pakar berpengalaman di ajang SPEx2 Award tahun 2024 ini.

Nojorono Kudus merupakan perusahaan yang mengedepankan aspek keberlanjutan lebih dari sembilan dekade, melalui ragam pendekatan yang unik dan konsisten. Tentu hal ini turut dibuktikan dengan diakuinya Nojorono sebagai perusahaan yang layak menerima Outstanding Achievement in Corporate Social Responsibility.

Penghargaan ini merupakan bukti nyata atas dedikasi seluruh pemangku kepentingan di perusahaan, yang selalu mendukung komitmen Nojorono Kudus untuk tumbuh berkembang dan terus memberikan kontribusi positif bagi seluruh entitas didalamnya, masyarakat sekitar, dan lingkungan,” tutup Eliza.

PT NOJORONO TOBACCO INTERNATIONAL

Merupakan salah satu perusahaan pelopor rokok kretek di Indonesia. Didirikan oleh Bapak Ko Djee Siong dan Bapak Tan Djing Thay, berawal dari ide mertuanya Tjoa Kang Hay. Perusahaan dikukuhkan pada 14 Oktober 1932 dan berpusat di Kota Kudus, Jawa Tengah. Saat ini, PT Nojorono Tobacco International termasuk dalam kategori industri sigaret lima besar di Indonesia.   PT Nojorono Tobacco International dikenal sebagai pemilik merek dagang Minak Djinggo yang diluncurkan tahun 1932. Minak Djinggo merupakan pelopor inovasi sigaret kretek tangan (SKT).

Minak Djinggo bertahan di industri SKT hingga saat ini, cukup dikenal di kalangan petani dan nelayan. Terobosan berikut dari perusahaan adalah diluncurkannya Clas Mild, produk LTLN (Low Tar Low Nicotine) di tahun 2003. Dalam kurun waktu dua setengah tahun, Clas Mild mengukuhkan diri sebagai produk kretek filter rendah tar dan nikotin (Low Tar Low Nicotine – LTLN) yang disukai konsumen hingga berhasil menjadi produk kretek filter terbaik di Indonesia.

“Kita BERSATU untuk BERDOA dan BERKARYA” Berkiprah selama hampir sembilan dekade, PT Nojorono Tobacco International memiliki warisan prinsip leluhur “Bersatu, Berdoa dan Berkarya” yang ditanamkan oleh pendiri dan diterapkan turun temurun oleh seluruh elemen perusahaan.

Bersatu diartikan sebagai kebersamaan yang merupakan satu tekad dan keyakinan sebagai tumpuan dan dasar yang kokoh untuk melandasi kekuatan perusahaan. Berdoa untuk menghadirkan kekuatan yang besar dari sang pencipta untuk senantiasa mendampingi, melindungi dan meridhoi setiap langkah yang ditempuh Nojorono.   Berkarya melalui semangat berkarya yang tercipta dari kesungguhan hati akan terwujud hasil yang baik, bernilai dan berdaya guna bagi seluruh elemen di dalam Nojorono. Berbekal warisan prinsip leluhur, Nojorono membekali core values bagi seluruh jajaran pemangku kepentingan dalam bekerja. Terdapat lima nilai utama F.A.I.T.H yang kesemuanya diadaptasi dari karakter Krishna muda. Fraternity, semangat kekeluargaan dalam menjaga keharmonisan dalam persaudaraan untuk saling bersinergi.

Accountability, bertanggung jawab melayani sepenuh hati dan integritas. Innovation, mendorong adanya inovasi dan kreativitas dengan semangat peningkatan dan penyertaan tiada henti. Trustworthy, dipercaya, saling hormat, sopan dan mempunyai motivasi yang tinggi. High Performance, terus mengejar kinerja yang tinggi demi terciptanya pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan.

Baca Juga: Nojorono Kudus akan Optimalkan Produksi Rokok Minak Djinggo, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti