Nomor 0895 Kartu Apa? Ini Penjelasan Terkait Kode Prefix Nomor HP



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui nomor 0895 kartu dari operator apa untuk informasi pelanggan. Setiap pemilik nomor HP dengan provider yang berbeda tentu mendapatkan nomor khusus yang terdiri dari 10 hingga 13 digit.

Setiap provider atau operator memiliki ciri khas masing-masing yang tentu pelanggan sudah familiar dengan 4 angka pertama.

Identitas 4 angka pertama pada nomor HP ini kemudian disebut dengan kode prefix. Kode prefix adalah 4 angka awal pada nomor telepon yang digunakan untuk mengidentifikasi operator seluler di Indonesia.


Kode ini membantu pengguna untuk mengetahui operator dari suatu nomor tanpa perlu mengecek secara manual. Setiap operator memiliki berbagai kode prefix yang berbeda, seperti 0811 untuk Telkomsel atau 0858 untuk Indosat.

Meskipun demikian, dengan adanya fitur mobile number portability, pengguna bisa mempertahankan nomor dengan kode prefix yang sama meskipun berpindah ke operator lain, sehingga kode prefix tidak selalu menjadi acuan mutlak untuk mengidentifikasi operator.

Baca Juga: Ini 5 Cara Melihat Umur Kartu Indosat, Smartfren, Tri, XL, sampai Telkomsel

Kode Prefix Tri

Bagi Anda yang sedang mencari nomor dengan awalan 0895 adalah kode prefix dari kartu operator Tri (3) di Indonesia. Kode ini menunjukkan bahwa nomor tersebut termasuk dalam jaringan Tri, yang merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler di Indonesia.

Selain nomor dengan awalan 0895 merupakan kode prefix milik Tri (3) ada beberapa kode lain yang merupakan dari kartu Tri. 

Melansir dari laman resmi Tri nomor awalan (prefix) 0895XX, 0896XX, 0897XX, 0898XX dan 0899XX atau nomor lainnya yang diterbitkan di bawah merek dagang “Tri”.

Namun, perlu diketahui bahwa dengan adanya fitur portabilitas nomor (mobile number portability), pengguna bisa saja berpindah operator tanpa mengganti nomor, sehingga awalan nomor tidak selalu menentukan operator yang digunakan.

Itulah penjelasan terkait dengan kode prefix sebagai istilah terkait identitas 4 angka pertama dari nomor HP.

Selanjutnya: Gubernur BI ke Jokowi: Transaksi di Pasar Gede atau Klewer Sudah Bisa Pakai QRIS

Menarik Dibaca: Gas On ke Pestapora Bersama Pertamina Fastron, Ada Promo dan Aktivitas Menarik lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News