Nunung jadi juragan sambal



Berbisnis harus berawal dari hobi. Prinsip semacam itu dilakoni Nunung Srimulat. Perempuan yang memiliki nama asli Tri Retno Prayudati ini kini memilih bisnis kuliner karena hobi memasak. Pekan lalu, perempuan berusia 50 tahun ini meresmikan restoran Pondok Sambel Mbak Nunung di Bandung, Jawa Barat.

Kuliner merupakan pilihan bisnis kedua artis ger-geran tersebut. Sebelum membuka resto, Nunung sempat menjajal bisnis properti. “Tapi bubar semua. Nah, sekarang saya mencoba berbisnis di bidang yang saya kuasai,” tutur Nunung.

Pondok Sambel Mbak Nunung menyajikan aneka masakan khas Jawa dengan berbagai jenis sambal. Menu andalannya seperti oseng-oseng, soto, dan asem-asem. Sedang sambal yang tersaji antara lain sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi, dan sambal mentah.


Kendati masih rutin tampil mengisi acara televisi Opera van Java, Nunung terlibat langsung di hari-hari awal restonya. Tak cuma mengontrol anak buah melalui telepon, Nunung meracik langsung aneka bumbu masakan dan beragam sambal.

Keseriusan Nunung membesarkan restonya juga terlihat dari agenda pembukaan cabang. Tahun ini saja ia sudah menyiapkan kehadiran Pondok Sambel Mbak Nunung, paling sedikit, di empat kota, yaitu Palembang, Makassar, Solo, dan Lampung. “Setiap bulan harus ada menu baru,” kata Nunung yang menggelontorkan modal lebih dari Rp 400 juta untuk memulai restonya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari