Obama Akan Gelar Konferensi Pers Pertama Hari Ini



WASHINGTON. Hari ini, Barack Obama dijadwalkan akan menggelar konferensi pers pertamanya pada Jumat ini, setelah mengadakan pertemuan dengan para penasihat ekonominya.

Pada keterangan pers nanti, Obama akan mengumumkan beberapa hal penting terkait tugas dan rencana kegiatannya setelah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke 44.

Sementara itu, Rahm Emanuel telah menerima tawaran Obama untuk menjabat sebagai kepala staf. Anggota kongres asal Illinois itu, akan bertanggungjawab penuh terhadap manajemen internal dari pemerintahan baru AS.


Berdasarkan ABC News network, strategist campaign Obama David Axelrod juga sudah menerima tawaran untuk menjabat posisi penasihat senior Gedung Putih. Pada pemerintahan Bush, jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Karl Rove dan Dan Bartlett.

Selanjutnya, Obama diprediksi akan menunjuk menteri keuangan untuk mengatasi krisis ekonomi. Untuk posisi ini, beberapa nama yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat antara lain mantan Menteri Keuangan Larry Summers dan mantan pimpinan the Fed Paul Volcker.

Selain itu, ada pula spekulasi bahwa Obama akan menggandeng pihak-pihak di luar Partai Demokrat, termasuk di dalamnya Partai Republik, untuk turut andil  dalam tim di pemerintahannya. Salah satunya yaitu menteri pertahanan AS saat ini Robert Gates.

Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush mengatakan, akan berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan pengalihan tanggungjawab yang mulus pada 20 Januari 2009 mendatang.

Untuk itu, saat ini ia tengah mempersiapkan pertemuan dengan penerusnya yang dikabarkan akan berlangsung pada awal minggu depan. Pertemuan itu sedianya akan membicarakan mengenai krisis finansial global dan perak Irak.

“Saya tidak sabar untuk mendiskusikan hal tersebut dengan presiden terpilih pada awal minggu depan,” kata Bush. Dalam pidatonya di Gedung Putih, Bush mengucapkan selamat atas terpilihnya Barack Obama sebagai Presiden AS kulit hitam pertama di Negeri Uwak Sam itu.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie