Obama tetap hadir di KTT ASEAN mendatang



JAKARTA. Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa menyatakan sejauh ini Presiden Amerika Serikat, Barack Obama tetap menyatakan kehadirannya ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-19 November mendatang.

"Hingga saat ini saya dengan masih sesuai rencana tidak ada indikasi ada perubahan rencana," katanya saat ditemui seusai sidang paripurna di kantor Setneg, Kamis (27/10).

Menurut Marty, sejauh ini hanya dua negara yang menyatakan tidak ikut dalam KTT ASEAN dan East Asia Summit. Kedua negara itu yakni Selandia Baru dan Rusia. "Konfirmasinya karena pertimbangan dalam negeri masing-masing. Sementara yang lain hingga saat ini tetap hadir," katanya.


Meski demikian, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah Amerika mengenai tanggal kedatangan Obama ke Bali. "Dari sisi penjadwalan sudah oke semua tapi tanggal persis kedatangan masih menunggu dari pihak AS," kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Luar Negeri, Teuku Faizasyah.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha menyebutkan sudah ada 15 dari 18 Kepala negara atau pemerintahan yang konfirmasi untuk hadir dalam penyelenggaraan acara yang berlangsung dari 14 sampai 18 November.

10 kepala negara atau pemerintahan anggota ASEAN telah menyatakan konfirmasi kehadirannya. Ke-10 negara itu adalah Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Filipina, Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Djumyati P.