Obama Unggul di Hampir Semua Jajak Pendapat Nasional



WASHINGTON. Dua hari menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama terus mengungguli pesaingnya John McCain dalam sejumlah jajak pendapat (polling) nasional. Kali ini, Obama memimpin 6,4% atas McCain.

Berdasarkan polling yang dirilis pada minggu lalu, kandidat dari partai demokrat ini memimpin dengan kisaran angka 3 poin dalam polling Fox News hingga 13 poin dalam polling CBN News.

“Kampanye Obama selalu berbicara mengenai cara untuk mengungguli lawan dan mempertahankannya. Dalam dua minggu terakhir, McCain tidak mau mengubah hal ini. Yang lebih penting lagi, konteks pemilihan kali ini masih tetap tentang perekonomian,” jelas Julian Zelizer, professor of history and public affairs di Princeton University.


Memang, setelah sempat memimpin atas Obama dalam sejumlah polling pada awal September lalu, dukungan kepada McCain terus saja menyusut seiring dengan parahnya krisis finansial. Saat ini, para calon pemilih menilai, Obama memiliki strategi yang lebih jitu dalam menangani krisis.

Obama unggul di hampir semua polling

Dalam sejumlah polling nasional, Obama terus memimpin atas McCain dengan perbandingan 51% dan 43%.

Pada polling Gallup yang diselenggarakan pada 25-27 Oktober lalu, keunggulan Obama atas McCain hanya berbeda dua poin yakni sebesar 49% dan 47% untuk Obama.

Sementara, pada jajak pendapat yang digelar 1 November kemarin, dukungan terhadap Obama bahkan lebih tinggi lagi dengan perbandingan 54% dan 41% untuk McCain. Polling tersebut dilakukan pada tanggal 28-31 Oktober dengan menyurvei 747 pemilih.

Sedangkan polling harian yang diadakan Rasmussen yang dilakukan pada 29-31 Oktober terhadap 3.000 pemilih, Obama mendapat dukungan 51%. Sedangkan McCain hanya mendapat sokongan 46%.

Sebuah survei lain yang dilakukan oleh Poughkeepsie, Marist Institute for Public Opinion, menempatkan Obama di atas McCain dengan perbandingan 50% dan 43%.

Dalam polling terakhir CNN/Opinion Research Corp yang digelar sebelum pemilu, sekitar 53% pemilih menyatakan bahwa mereka akan memilih Obama. Sedangkan 46% memilih untuk mendukung McCain.

Sementara itu, polling Fox yang digelar pada 2 November hari ini mencatatkan,  sekitar 47% pemilih mendukung Obama. Sedangkan McCain mendapatkan 44% dukungan. Polling Fox dilakukan kepada 942 calon pemilih yang teregistrasi dan dilakukan pada 28-29 Oktober lalu.  

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie