OJK: Asuransi jangan alergi pada investor asing



BANDUNG. Industri asuransi tanah air masih begitu diminati oleh investor asing. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik masuknya modal asing untuk memiliki perusahaan asuransi lokal.

Oleh karena itu, Firdaus Djaelani, Anggota Dewan Komisioner Industri Keuangan Non Bank (IKNB) mengimbau tak ada yang alergi pada dana asing tersebut.

"Kehadiran investor asing dapat membawa keuntungan bagi pelaku lokal. Pelaku dalam negeri dapat belajar dari pelaku asing soal sistem, IT hingga strategi pemasaran. Jadi jangan sampai alergi terhadap investor asing," ujar Firdaus.


Seperti diketahui ada beberapa perusahaan asuransi asing yang akan meramaikan asuransi di tanah air, seperti Insurance Australia Group (IAG) yang mengincar MAA General Assurance. Juga BNI Life yang dikabarkan sahamnya akan dibeli Sumitomo Insurance.

“IAG pernah bertemu dengan saya di Australia dan mengungkapkan niat mereka. Sementara Sumitomo sampai sekarang belum menyampaikan permohonan untuk masuk BNI Life. Yang pasti, BNI Life sudah lapor ke kita kalau mereka lagi mengirim surat penawaran ke beberapa investor besar seperti di Korea, Jepang, Hongkong, Inggris. Nanti diseleksi yang terbaik untuk partner dalam bentuk joint venture,” papar Firdaus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: