KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Virtual Innovation Day 2022, OJK meresmikan beberapa inovasi, di antaranya Digital Financial Literacy Modules, Chatbot Customer Support Technology, dan SupTech and RegTech Capacity Building dalam rangka meningkatkan perlindungan konsumen, meningkatkan literasi digital konsumen, dan meningkatkan kapasitas pengetahuan bagi pegawai OJK dalam melakukan pengawasan. Ketiga inovasi pengembangan tersebut dilakukan bersama lembaga donor seperti Asian Development Bank, Bill Melinda Gates Foundation, Cambridge Center for Alternative Finance, dan World Bank. Adapun, ChatbotĀ dibentuk sebagai amanah dari Pasal 29 huruf a UU OJK, yang mengatur bahwa OJK melakukan pelayanan pengaduan konsumen yang meliputi salah satunya yaitu menyiapkan perangkat yang memadai untuk pelayanan pengaduan konsumen yang dirugikan oleh pelaku di Lembaga Jasa Keuangan.
OJK Bikin Aplikasi Chatbot untuk Perlindungan dan Pengaduan Konsumen
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Virtual Innovation Day 2022, OJK meresmikan beberapa inovasi, di antaranya Digital Financial Literacy Modules, Chatbot Customer Support Technology, dan SupTech and RegTech Capacity Building dalam rangka meningkatkan perlindungan konsumen, meningkatkan literasi digital konsumen, dan meningkatkan kapasitas pengetahuan bagi pegawai OJK dalam melakukan pengawasan. Ketiga inovasi pengembangan tersebut dilakukan bersama lembaga donor seperti Asian Development Bank, Bill Melinda Gates Foundation, Cambridge Center for Alternative Finance, dan World Bank. Adapun, ChatbotĀ dibentuk sebagai amanah dari Pasal 29 huruf a UU OJK, yang mengatur bahwa OJK melakukan pelayanan pengaduan konsumen yang meliputi salah satunya yaitu menyiapkan perangkat yang memadai untuk pelayanan pengaduan konsumen yang dirugikan oleh pelaku di Lembaga Jasa Keuangan.