OJK: Merger Bank Mitraniaga dan Bank Agris akan jadi Bank BUKU II



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mitraniaga Tbk (NAGA) dan PT Bank Agris Tbk (AGRS) akan melakukan merger pada tahun depan. Hasil merger ini akan menjadikan gabungan kedua bank ini menjadi BUKU II atau modal inti antara Rp 1 triliun-Rp 5 triliun.

Slamet Edy Purnomo, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ketika ditemui kontan.co.id setelah menghadiri rapat kerja anggaran dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengatakan, merger antara Bank Mitraniaga dan Bank Agris ini seiring dengan rencana investor Industrial Bank of Korea (IBK) yang akan masuk menjadi pemegang saham kedua bank ini.

“Saat ini Industrial Bank of Korea sedang melakukan proses finalisasi untuk masuk di kedua bank ini,” kata Slamet, Senin malam (29/10). 

Seiring dengan masuknya investor Korea Selatan ini ke kedua bank tersebut, Slamet berharap merger kemungkinan akan terjadi pada tahun 2019.

Sebagai gambaran saat ini Industrial Bank of Korea baru melakukan akuisisi ke Bank Agris. Sedangkan finalisasi akusisi ke Bank Mitraniaga belum dilakukan.

Setelah proses akuisisi ini dilakukan, maka merger kedua bank ini akan digelar pada tahun depan. Saat ini masing-masing Bank Mitraniaga dan Bank Agris masuk ke dalam kelompok BUKU I atau mempunyai modal inti di bawah Rp 1 triliun.

Bank Mitraniaga mempunyai modal inti Rp 205 miliar per Juni 2018 sedangkan Bank Agris mempunyai modal inti Rp 376 sampai Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi