KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan rata-rata terdapat 700-800 laporan dari masyarakat yang masuk setiap harinya melalui Indonesia Anti-Scam Centre (IASC). Data tersebut dihimpun sejak IASC terbentuk pada 22 November 2024 hingga 17 Agustus 2025. Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menerangkan angka laporan kasus penipuan dan scam keuangan yang didapatkan tersebut ternyata jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan negara lain. Misalnya saja, rata-rata laporan masuk di Singapura hanya 140 setiap hari, sedangkan Hong Kong sebanyak 124 laporan, serta Malaysia sebanyak 130 laporan.
OJK: Rata-Rata Ada 700-800 Laporan Masyarakat Masuk ke IASC Setiap Harinya
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan rata-rata terdapat 700-800 laporan dari masyarakat yang masuk setiap harinya melalui Indonesia Anti-Scam Centre (IASC). Data tersebut dihimpun sejak IASC terbentuk pada 22 November 2024 hingga 17 Agustus 2025. Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menerangkan angka laporan kasus penipuan dan scam keuangan yang didapatkan tersebut ternyata jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan negara lain. Misalnya saja, rata-rata laporan masuk di Singapura hanya 140 setiap hari, sedangkan Hong Kong sebanyak 124 laporan, serta Malaysia sebanyak 130 laporan.